Tips Memberi Makan Bayi

 

Walau mungkin terlihat sederhana, ternyata memberi makan bayi tak semudah kelihatannya. Perlu tips khusus berikut ini
  • Ketika menyuapi, usahakan duduk di depan bayi.  Pandang matanya, ajak dia bicara, dan yakinkan  bahwa dia siap untuk diberi makan.
  • Berkonsentrasi. Jangan biasakan meletakkan mainan di dekat tempat makan bayi atau menyuapinya di depan televisi. Hal ini akan mengganggu konsentrasi makannya. Selain bayi belajar berkonsentrasi untuk mengunyah dan menelan dengan baik, Anda pun perlu berkonsentrasi ketika menyuapinya.
  • Mulai sedikit dulu. Sekalipun menggunakan sendok kecil yang cenderung pipih, namun suapi seujung sendok dulu. Bila dia mulai terampil makan, baru ditambah sedikit demi sedikit.
  • Posisikan makanan di mulut dengan benar. Taruh sedikit makanan di ujung sendok, masukkan makanan itu sampai kira-kira menyentuh bagian tengah langit-langit mulutnya. Biasanya, bayi mengatupkan mulutnya dan  langsung menelan.
  • Siapkan air putih untuk minum bayi. Bisa di mangkuk kecil untuk disendoki, bisa pula di cangkir khusus bayi. Biasanya, setelah makan, bayi langsung ingin minum.
  • Tak perlu dihabiskan. Kita  seringkali khawatir bayi kekurangan gizi, hingga memaksa menyuapinya dalam jumlah banyak. Padahal, dengan perutnya yang masih kecil, biasanya anak usia satu tahun hanya membutuhkan sekitar satu sendok makan penuh untuk satu waktu makan. Seiring pertambahan usianya, porsi makannya akan bertambah pula.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Bayi

Agar tetap sehat, kulit bayi dan balita harus tetap dijaga dengan perawatan yang benar. Penggunaan lotion, sabun, makanan, bahan pakaian, juga menjadi perhatian. Baca tip-tipnya.... read more