Tips Memilih Buku Bayi

 

Buku adalah salah satu "alat bantu" belajar untuk anak, bahkan sejak ia masih bayi. Gambar dan rangkaian cerita merangsang kecerdasan dan menarik perhatian bayi. Buku seperti apa yang cocok bagi bayi?

Buku kain, buku mandi plastik dan buku dari bahan karton tebal adalah beberapa jenis buku bayi yang kini dapat dijumpai dengan mudah di berbagai toko buku di kota besar. Biasanya memang buku bayi merupakan produk impor, meskipun nampaknya, mulai terdapat beberapa penerbit lokal menerjemahkan buku asing dan menerbitkannya saat ini. Beberapa produk buku bayi lokal yang dapat ditemukan di pasaran, adalah berupa buku dari karton tebal.

Buku yang baik bagi bayi:
  • Terbuat dari bahan lembut atau kain.
  • Tidak memiliki bagian yang mudah terlepas.
  • Untuk bayi baru lahir, pilihlah yang memiliki warna-warni kontras, serta menstimulasi beragam indera (visual, peraba dan auditori). Biasanya tiap halaman memiliki tekstur, warna dan terbuat dari material berbeda.
  • Untuk bayi yang berusia beberapa bulan, Anda juga bisa membelikan electronic book, yang apabila dipencet salah satu tombolnya akan mengeluarkan suara musik. Isi buku bahkan diungkapkan secara verbal. Juga ada board baby book, yang terbuat dari karton tebal.

Tipe buku bayi lainnya, merupakan gabungan dari dua jenis buku. Yaitu, board book yang juga memiliki tombol elektronik pada bagian tepi buku. Jadi bayi dapat membolak-balik halaman sambil memencet salah satu tombol dan mendengarkan lagu-lagi klasik yang menstimulasi indera. Anak senang, perkembangan kecerdasannya pun berkembang!

Baca juga artikel yang berkaitan dengan buku:
Memilih Buku Bayi dan Balita
Membacakan Buku Untuk Bayi

 



Artikel Rekomendasi