Tips Mencegah Bayi Jatuh dari Tempat Tidur

 

Bayi usa 0-6 bulan, bisa saja terjatuh dari tempat tidurnya terutama jika bayi sudah mampu tengkurap dan aktif bergerak. Berikut tips agar hal ini tidak terjadi pada bayi Anda

Jatuh dari tempat tidur ibu, dialami bayi yang mulai bisa tengkurap dan aktif bergerak. Namun, karena tulang kepala bayi masih lentur sehingga cukup elastis, umumnya tidak mengakibatkan benturan yang keras pada otaknya.

Atasi dengan:

  • Melihat posisi bayi saat terjatuh untuk mengetahui bagian tubuhnya yang terbentur lantai. Angkat dan peluk dia serta periksa, ada atau tidak bagian tubuh yang terluka atau mengalami pembengkakan. Jaga diri ibu tetap tenang.
  • Mengusap-usap punggungnya untuk mengatasi rasa terkejut bila kepalanya tidak terbentur lantai. Lalu, amati kondisinya selama beberapa waktu, sampai dia berhenti menangis dan benar-benar tenang kembali
  • Mewaspadai tanda-tanda gegar otak bila kepalanya membentur lantai. Misalnya, langsung pingsan, dalam 24 jam bayi Anda muntah-muntah terus, mengantuk, gerakan kedua bola mata tidak simetris, gerakan kedua tangan dan kaki tidak sama aktif, atau menjadi sangat rewel. Bila ada gejala gegar otak, segera bawa ke dokter.
Cara mencegah:
  • Letakkan bayi di tempat tidur dengan diberi pengganjal (misalnya, bantal atau guling) pada sisi yang berlawanan dengan tembok.
  • Letakkan bayi di dalam boks bila hendak ditinggal sebentar untuk meminimalkan kemungkinan berguling dan terjatuh.
  • Meletakkan kasur atau alas cukup tebal di lantai.
Baca juga:

 



Artikel Rekomendasi