Tips Menjaga Kesehatan Kulit Bayi

 

Kulit bayi pada dasarnya masih mulus dan halus. Namun seringkali perawatan yang salah membuat kulit bayi menjadi tidak sehat. Untuk menjaga kulit bayi tetap sehat lakukan tip-tip berikut:

- Saat memandikan bayi, pilih sabun khusus untuk bayi yang bertekstur halus dan minim bahan kimia.
 
-Pilih bahan katun untuk pakaian bayi Anda,
yang berrsifat menyerap keringat dan nyaman.


- Pakai sabun cuci khusus untuk pakaian bayi yang formulanya lebih lembut (mild), minim deterjen dengan sedikit busa.  

- Cuci bersih dulu pakaian yang baru dibeli sebelum dipakai. Pencucian ini sangat berguna meluruhkan zat warna dan zat kimia yang digunakan dalam proses pembuatan dan pencucian dengan bahan kimia (laundrying atau dry cleaning), untuk menghindari iritasi pada kulit bayi. 

- Cermat untuk pemakaian tisu basah. Bila bayi Anda menunjukkan reaksi alergi, misalnya kulit menjadi kemerahan, segera stop pemakaian tisu basah tersebut. Alkohol yang terkandung dalam tisu basah juga dapat membuat kulit bayi kering.

- Kenalkan jenis makanan MPASI satu demi satu, sehingga Anda dapat mengidentifikasi jenis makanan yang menyebabkan gangguan pada kulitnya, karena intoleransi terhadap jenis makanan dapat menimbulkan reaksi dalam bentuk gangguan kulit. Makanan laut, produk susu dan telur dapat menyebabkan gatal-gatal atau eksim. Untuk menghindari intoleransi makanan ada baiknya menunggu hingga bayi berusia setahun. (me)

 



Artikel Rekomendasi