Pasca Lahir, Ibu Modern Tetap Pakai Stagen

Pasca Lahir, Ibu Modern Tetap Pakai Stagen  Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda

Ingin perut kembali langsing pasca kelahiran? Tentu saja bisa! Ibu atau nenek kita seringkali menyarankan ibu yang baru melahirkan untuk mengenakan gurita atau stagen. Ini adalah salah satu upaya untuk mendukung perut kembali ke bentuk semula.

Asalkan pemakaiannya tepat dan Anda merasa nyaman pasca kelahiran selama mengenakannya, ada berjuta manfaat yang bisa Anda peroleh dari pemakaian stagen, gurita atau jenis post partum maternity support lainnya (misalnya, corset atau girdle).

Kini bentuk yang bisa Anda jumpai di pasaran lebih praktis dan modern. Tak hanya gurita dengan tali-tali pengikat, kini ada produk lokal dan impor yang pengikatnya hanya berupa velcro. Jadi ibu pasca kelahiran bisa mengenakannya sendiri dengan melekatkannya. Praktis, kan?!

Efek yang diberikan oleh penyangga perut ibu baru ini adalah semacam pijatan lembut pada dinding perut bagian bawah. Cermati cara penggunaan yang tertera pada buku petunjuk penggunaan gurita (baik yang menggunakan tali maupun velcro). Jika hendak menggunakan stagen mintalah bantuan kepada yang biasa memakaikan. Ini hanya salah satu alat untuk membantu pemulihan bentuk dan ukuran perut ibu baru.

Pengalaman orang tua kita di masa lalu memang memperlihatkan efek positif dari penggunaan stagen dan gurita setelah kelahiran. Namun belum ada penelitian yang membuktikannya secara ilmiah. Demikian pula konsumsi jamu ibu bersalin. Ada banyak upaya yang perlu dilakukan ibu baru jika ingin langsing kembali, termasuk menyusui dan mengurus bayi sendiri.

Barengi pula hidup baru Anda sebagai ibu dengan makan makanan bergizi, beristirahat yang cukup serta berolahraga teratur. Konsultasikan dengan dokter, jenis olahraga yang sebaiknya Anda pilih dan tanyakan kapan waktu yang tepat melakukannya, terutama jika Anda melahirkan secara caesar.

Meskipun berbagai usaha sudah dilakukan dengan gigih, tetaplah bersabar ya, Bu! Oleh karena proses kehamilan berlangsung secara bertahap selama sembilan bulan, maka setelah kelahiran, proses kembali ke ukuran dan bentuk semula pun perlu waktu. Biarkan proses pemulihan berlangsung bertahap sesuai kondisi tubuh Anda.

 



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda