Kehamilan Kosong

 

Kantong kehamilan yang terdeteksi ada isinya ternyata kosong tanpa janin di dalamnya. Kasus ini disebut kehamilan kosong (blighted ovum). Terjadi bila sel telur yang telah dibuahi sel sperma akibat berbagai faktor, tidak dapat berkembang sempurna, malah membentuk plasenta yang berisi cairan. Plasenta tersebut tetap tertanam di dalam rahim. Sehingga terdeteksi seolah-olah ada janin di sana.

Penyebab:
  • 60% akibat kehamilan kromosom dalam proses pembuahan sel telur dan sperma. kelainan dikenali oleh tubuh ibu, sehingga secara alami tubuh ibu tidak meneruskan kehamilan.
  • Infeksi TORCH dan streptokokus.
  • Diabetes mellitus yang tidak terkontrol.
  • Rendahnya kadar hormon beta hCG (human chorionic gonadotropin).
  • Faktor imunologis seperti adanya antibodi terhadap janin.
  • Usia suami atau istri tua sehingga kualitas sperma atau ovum menurun.
Gejala. Serupa gejala kehamilan umumnya, seperti tidak haid, mual dan muntah (morning sickness), payudara mengeras dan pembesaran perut.hasil pemeriksaan dengan test pack dan laboratorium positif, karena plasenta memang menghasilkan hormon hCG yang member “kabar” ke indung telur (ovarium) dan otak bahwa ada hasil konsepsi di dalam rahim. Karena gejalanya tidak spesifik, blighted ovum biasanya baru ditemukan setelah terjadi keguguran spontan disertai perdarahan.

Lakukan ini!
  • Bila curiga mengalami blighted ovum, periksa ke dokter. Lewat pemeriksaan ultrasonografi lewat vagina, dokter bisa mendeteksi ada tidaknya detak jantung dan gambar janin. Namun, tindakan itu baru bisa dilakukan di usia kehamilan 6-7 minggu-saat diameter kantor kehamilan lebih besar dari 16 milimeter sehingga terlihat jelas. Bila tidak tampak gambar janin, diperiksa ulang seminggu kemudian. Bila gambar janin tetap tidak didapatkan, dipastikan blighted ovum.
  • Bila positif blighted ovum, tindakan selanjutnya adalah mengeluarkan hasil konsepsi dari rahim (kuretase). Hasilnya dianalisa untuk mencari penyebab dan mengatasinya. Misalnya, bila karena infeksi, Anda akan diobati agar tidak berulang. Bila penyebabnya antibody, dilakukan imunoterapi agar bisa hamil sungguhan. Perlu diingat, kasus itu bukan disebabkan faktor genetik, tetapi by change atau adanya perubahan.
Baca juga:
Perkecil Kehamilan Kosong

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more