Kenali Tahapan Persalinan

 

Siapa bilang persalinan itu repot dan ribet? Kurangi stres dengan mengetahui persis apa yang bakal terjadi di seputar hari persalinan  dan mulai menyiapkan fisik, mental serta pikiran.
  • Minggu terakhir kehamilan. Kepala bayi sudah mulai turun dan sering terjadi kontraksi palsu. Tidak perlu buru-buru ke rumah sakit, tetap tenang dan ikuti perkembangannya.
  • Tahap pertama persalinan. Anda akan merasakan dan mengenali kontraksi persalinan yang sesungguhnya, biasanya terjadi setiap 15-20 menir sekali. Keluar lenidir di celana dan ketuban bisa pecah atau rembes. Bersiaplah untuk pergi ke rumah sakit, tunggu dan tetap tenang.
  • Masa peralihan. Kontraksi kian menjadi berlangsung selama 60-90 detik dengan jarak 2-5 menit. Dokter akan melakukan pemeriksaan dalam. Patuhi saran dokter dan lakukan teknik bernapas panting.
  • Tahap kedua persalinan. Leher rahim telah membuka sempurna. Ada dorongan ingin mengejan dan kepala bayi berangsur-angsur mendekati ‘pintu keluar.’ Dan Anda pun akan menjadi ibu!
  • Tahap ketiga persalinan. Plasenta dan kantung ketuban kosong akan keluar dengan sendirinya. Lakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) karena semakin cepat ASI diberikan pada bayi, semakin lancar proses menyusui selanjutnya.
Baca:
Lima Tanda Siap Melahirkan
Persalinan Meleset Dari Perkiraan
Menyusun Rencana Persalinan
Menghitung Taksiran Tanggal Persalinan
Memilih Pendamping Persalinan










 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more