Efek Provera dan Ventolin Spray Bagi Janin

 

Tanya: Saya mengonsumsi Provera untuk pengobatan kista saat sadar bahwa saya sedang hamil 3 bulan. Saya juga sering memakai Ventolin spray atau sirum karena mengidap asma. Berbahayakah obat-obatan itu bagi janin?

Jawab: Provera berisi hormon progestagen turunan progesterone. Progesteron sendiri adalah hormon yang memelihara kehamilan pada usia kurang dari 11 minggu, sebelum plasenta terbentuk.

Jadi, secara kebetulan, obat yang Anda minum memiliki efek menguntungkan untuk kehamilan. Jika diminum sebelum diketahui hamil, tidak berbahaya. Namun hentikan obatnya sekarang, sebab dapat mengganggu proses hormonal dalam tumbuh kembang janin.

Obat asma seperti Ventolin mengandung zat yang memiliki efek-bronkodilator, atau memperlebar saluran pernapasan. Ada pula efek relaksasi rahim sehingga mencegah kontraksi.Jika dikonsumsi pada trimester akhir, bisa memperlambat proses persalinan. Ventolin spray mengandung dosis sangat kecil dan memiliki efek lokal langsung ke saluran pernapasan, sehingga tidak berefek sistemik terhadap kehamilan.

Sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan untuk skrining USG janin guna melihat efek Provera yang Anda minum. Tanyakan pula bagaimana agar asma tidak menyerang setiap hari.

 



Artikel Rekomendasi