Hamil Bengkak

 

Tanya: Benarkah kaki, wajah dan jari-jemari tangan saya (28, hamil 27 minggu) bengkak karena terlalu banyak mengonsumsi garam? Berat badan saya saat ini 49 kg (sebelum hamil 40 kg) dengan tinggi 150 cm.

Jawab: Sebaiknya Anda ke dokter agar diketahui secara pasti penyebab dan tindak lanjutnya. Salah satu kemungkinan penyebab bengkak memang asupan garam atau natrium (Na) yang tinggi. Untuk itu, pantau terus konsumsi garam Anda agar tidak berlebihan.
1. Hindari telur asin, ikan asin, dendeng, makanan kalengan, bumbu instan, sayur yang diasinkan (misalnya sawi asin), abon, terasi, petis dan kecap.  
2. Olah bahan makanan segar dengan bumbu sedikit atau tanpa garam. Jika sulit melaksanakannya:
  • Cobalah bertahap dengan memakai bumbu segar beraroma kuat yang akan  meningkatkan rasa tanpa garam atau sedikit garam. Misalnya, jahe, kunyit, kencur, ketumbar, merica, lengkuas, salam, sereh, cabe, bawang, tomat, cuka dan gula.
  • Makan makanan yang kurang garam dalam keadaan panas. Cara ini akan membantu meningkatkan selera makan Anda. 
Makin tua kehamilan, asupan tinggi garam perlu dihindari untuk mencegah komplikasi seperti pre-eklampsia yang ditandai dengan meningkatnya tekanan darah, peningkatan kadar protein di dalam urin, juga pembengkakan pada kaki dan tangan. Kondisi ini bisa menyebabkan kematian ibu.

Itu sebabnya, perhatian khusus terhadap pola makan seimbang perlu dilakukan sebelum, selama dan setelah hamil. Bila dilihat berat badan Anda sebelum hamil menurut indeks massa tubuh (IMT), maka Anda tergolong kurus. Kenaikan berat badan Anda selama hamil dianjurkan 12,5 – 18 kg. Manfaatkan waktu yang ada untuk mengejar kenaikan berat badan tersebut.

 



Artikel Rekomendasi