Janin Tidak Bergerak

 

Tanya: Istri saya hamil 18 minggu, tapi janin kami belum bergerak. Apakah ini normal, karena menurut buku janin bergerak di usia kehamilan 4 bulan?

Jawab: Tidak setiap ibu hamil akan merasakan gerakan janin di usia kehamilan yang sama. Bagi yang pertama kali hamil, umumnya agak telat merasakan gerakan awal janin, yakni di atas 16 minggu (4 bulan). Gerakan pertama biasanya dirasakan ibu pada usia kehamilan 14-16 minggu, disebut wickening. Di usia itu janin mulai tumbuh besar dan air ketuban cukup banyak, sehingga ibu bisa merasakan janin bergerak sedikit. Sensasi yang muncul seperti digelitiki atau bola kecil menggelinding lembut di dalam rahim.

Sampai usia kehamilan 28 minggu (7 bulan) boleh dibilang gerakan janin belum begitu bermakna. Artinya, belum dapat menjadi indikator kesehatan janin seperti pada trimester akhir. Kecuali, dengan bantuan alat canggih seperti USG yang memungkinkan mengamati gerakan, bahkan denyut jantung bayi. Gerakan janin baru akan terasa kuat di usia kehamilan 28 minggu. Mengingat proporsi paling besar saat itu kepala, maka janin akan berputar-putar bahkan bersalto.


 



Artikel Rekomendasi