Jenis-jenis Kista dan Pengaruhnya Pada Kehamilan

 

T: Saya ibu bekerja yang sedang hamil 3 bulan. Saya mulai hamil setelah menikah selama satu setengah tahun. Dari hasil pemeriksaan dokter, dikatakan bahwa di bagian kanan rahim saya ada kista. Apa sebenarnya kista itu? Apakah kista tersebut akan tumbuh membesar selama saya hamil? Apakah kista itu membahayakan janin dan saya sendiri? Mungkinkah saya diberi pengobatan saja tanpa harus menjalani operasi? Apakah operasi akan membahayakan janin?

 
J: Kista adalah tumor yang berisi cairan. Pada wanita, kista bisa tumbuh di kelenjar indung telur (ovarium). Selain itu ada kista yang timbul di vagina atau bibir kemaluan (misalnya kista kelenjar bartholine) dan sebagainya. Pada ovarium, kista juga bisa bermacam-macam. Ada 'kista fungsional', yang diperlukan tubuh wanita hamil untuk mempertahankan kehamilannya, yang akan menghilang setelah ari-ari terbentuk lengkap (disebut juga kista lutein). Ada kista dermoid, yang berasal dari sisa jaringan embrio (biasanya berisi lemak/tulang/ rambut dan sebagainya).
 
Ada kista endometriosis, yang berisi cairan kecokelatan (kista cokelat), yang terjadi karena tumbuhnya jaringan endometrium di tempat tersebut, dan dipengaruhi oleh hormon estrogen. Masih banyak lagi jenis dari kista ovarium ini.
 
Pada Anda, kemungkinan besar kista yang ditemukan adalah kista lutein (kista fungsional) yang tidak memerlukan pengobatan ataupun tindakan operasi.  Namun bila kista tersebut masih ada setelah kehamilan 4 bulan dan diameternya lebih dari 5 cm, mungkin dokter akan memeriksa lebih lanjut untuk tindakan yang diperlukan.
 
Kista yang besar bisa menimbulkan kelainan letak janin dalam kandungan, atau menghalangi turunnya kepala di jalan lahir pada waktu persalinan. Oleh karena itu bila ditemukan kista permanen yang besar, maka perlu tindakan pembedahan pada kehamilan sekitar 18 minggu. Bila kista yang besar tersebut tidak menghalangi jalan lahir atau tidak menimbulkan gejala sakit, operasi dapat dilakukan 3 bulan setelah ibu melahirkan. Jadi, tindakan yang diambil dokter sangat ditentukan oleh jenis kista, ukuran dan letaknya di jalan lahir serta keluhan dari ibu hamil itu sendiri.

 



Artikel Rekomendasi