Tata Cara Melakukan Implan Kehamilan

 

Tanya: Di mana, bagaimana dan berapa biaya mengikuti Pre-implantation Genetic Diagnosis (PGD)? Kami sudah 7 tahun berkeluarga namun belum dikaruniai anak. Empat tahun lalu pemeriksaan dokter menyatakan kami sehat.   

Jawab: PGD (Pre-implantation Genetic Diagnosis) adalah bagian dari tindakan Fertilisasi In Vitro atau bayi tabung. Biasanya dilakukan pada pasangan di atas 37 tahun atau pasangan dengan riwayat kegagalan bayi tabung berulang. Saat ini, Indonesia telah memiliki 14 pusat pelayanan bayi tabung yang tersebar di Jawa, Sumatera dan Bali.

Bagi Anda, belum bisa dipastikan apakah memerlukan program bayi tabung atau tidak. Sejauh mana pemeriksaan kesuburan yang pernah Anda lakukan, apakah dilakukan oleh Ahli Kebidanan dan Kandungan Sub Spesialisasi Fertilitas? Apakah terdiri dari pemeriksaan hormon dan pemeriksaan sperma (analisis semen untuk mencari faktor kehamilan) dan lain-lain.

Saran saya, lakukan pemeriksaan lengkap terlebih dahulu untuk mengetahui  penyebab tidak terjadinya kehamilan. Setelah itu, baru dipikirkan jalan keluarnya. Jika Anda tertarik mengikuti program bayi tabung, silakan kunjungi pusat pelayanan bayi tabung terdekat dari Kupang. Biaya bervariasi, mulai 20-an juta hingga 50-80 juta rupiah, tergantung rumah sakit penyedia jasa dan berat-ringan kasusnya.

 



Artikel Rekomendasi