10 Cara Agar Hamil Terasa Nyaman

 

Ciptakan semua keindahan, kesenangan, kebahagiaan, dan kenyamanan selama menjalani 9 bulan masa kehamilan ini di dalam pikiran Anda. Coba 10 tip ini dan kebahagiaan Anda selama hamil akan terpancar keluar, membuat Anda tampil “bersinar” dan dikagumi orang-orang tercinta.

  • Rawat Diri Anda. Bila tubuh mendapat nutrisi serta istirahat yang cukup, Anda akan selalu tampil segar. Penuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan dengan makan makanan bergizi seimbang. Perbanyak makan buah dan sayuran, bila perlu tambahkan multivitamin sesuai anjuran dokter.  Istirahat cukup, tak perlu melawan rasa lelah yang lebih cepat muncul, ‘dengarkan’ saja tubuh Anda.
  • Nikmati setiap langkah kaki. Selain meningkatkan aliran energi kehidupan Anda, olahraga juga akan membuat pipi Anda terlihat ‘bersinar’ sebagai pancaran ‘keindahan’ ketenangan pikiran Anda.  
  • Biarkan rambut melambai. Ingin rambut sehat dan indah bersinar saat melambai diterpa angin? Lakukan perawatan rambut secara rutin dengan menggunakan produk berbahan alami.
  • Sentuh wajah. Berbagai gerakan pemijatan yang lembut pada kulit wajah Anda bermanfaat untuk membantu melancarkan aliran darah di wajah. Lakukan pemijatan wajah setiap pagi dan malam menjelang tidur dengan krim pelembab kesukaan Anda.
  • Manjakan kulit. Kulit yang bersih dari aneka kotoran yang menyumbat pori-pori akan membuat Anda tampil segar dan nyaman. Lakukan perawatan kulit dan body massage dengan kosmetika herbal.
  • Hirup ‘harumnya kehidupan’. Aromaterapi atau wewangian tertentu akan membantu Anda merasa nyaman. Sebab, ketika Anda hirup wewangian tersebut, molekul-molekulnya akan merangsang ujung-ujung saraf olfaktori dan membuat kondisi emosi serta psikis Anda tenang. Sebelum menggunakan produk aromaterapi, konsultasikan dulu dengan ahli aromaterapi.
  • Nikmati energi kehidupan. Ciptakan kondisi rileks dengan self-massage. Menurut Michelle Lecclaire O’Neill, Ph.D.,R.N pengarang buku “Better Birthing with Hypnosis,” self massage yang merupakan salah satu bentuk meditasi ringan ini, akan membantu meningkatkan kerja system imun Anda, dan merangsang produksi hormon pertumbuhan janin.
  • Waktu untuk diri sendiri. Manjakan diri dengan melakukan hobi Anda, atau berbagai hal yang benar-benar Anda sukai dan membuat Anda merasa senang serta bahagia. Misalnya, melukis, membuat kerajinan tangan, main piano, mendengarkan musik, nonton, nerkebun, dan lainnya.
  • Tertawalah. Tertawa itu sehat! Mampu membuang berbagai pikiran buruk yang kerap memicu kecemasan dan kekahawatiran selama hamil. Laughter is the best medicine!
  • Anda bukan super woman. Buang ego Anda! Tak perlu menjadi wanita serba bisa alias super woman. Bila Anda merasa tidak sanggup melakukan sesuatu yang terasa berat, jangan segan minta bantuan seseorang. Kalu perlu mintalah seseorang menggantikan Anda untuk sementara.




 



Artikel Rekomendasi