30 Hal Penting Sebelum Bayi Lahir

 

1. Daftar ulang rumah sakit
Bukan hanya sekolah, terkadang klinik atau rumah sakit pun memerlukan prosedur “daftar ulang” untuk menjamin ketersediaan tempat bagi Anda. Untuk menjamin proses persalinan berjalan lancar, tak ada salahnya Anda mengkonfirmasikan kembali kehadiran dokter atau dokter pengganti untuk membantu proses persalinan serta jenis ruangan yang dikehendaki pada saat-saat menjelang hari H.

2. Pilih dokter anak
Dokter anak yang bertugas mendampingi proses persalinan biasanya telah ditentukan oleh pihak rumah sakit. Tapi, untuk prosedur pemeriksaan selanjutnya, Anda bisa membawa bayi Anda menemui dokter anak yang dikehendaki. Untuk itu, sempatkan diri “berbelanja” informasi dan atau menemui calon dokter anak bagi bayi Anda untuk menjajaki “chemistry” antara Anda dan dokter yang bersangkutan.

3. Mantapkan nama
Anda sudah memiliki sederet nama pilihan termasuk usulan dari orang tua dan mertua. Semuanya kelihatannya bagus. Namun Anda tidak bisa berlama-lama karena ketika bayi lahir Anda harus segera mengurus akte lahirnya. Jadi, segeratetapkan nama bagi bayi beberapa minggu sebelum hari perkiraan lahir tiba.

4. Mau dipanggil apa?
Nama panggilan apa yang ingin Anda dengar dari bibir mungilnya? Bunda, Ibu, Mama, Mommy, atau Umi? Bagaimana pula dengan cara ia memanggil ayahnya? Pikirkan baik-baik nama panggilan tersebut, karena itu adalah petikan lagu indah penawar lelah yang akan selalu Anda dengar hingga akhir hayat. Alih-alih sekadar mengikuti tren, pastikan bahwa Anda memang merasa nyaman dengan panggilan itu.

5. Cek berkas
Cek dan kumpulkan dalam satu tempat, KTP, buku nikah, kartu keluarga, serta akta kelahiran Anda dan pasangan untuk memperlancar proses pembuatan akte kelahiran bayi. Klinik atau rumah  biasanya menyediakan layanan jasa pengurusan akta kelahiran. Ada baiknya Anda pertimbangkan untuk memanfaatkan layanan tersebut.

6.  Tindik atau tidak?
Keputusan menindik tidaknya telinga bayi perempuan sebaiknya disepakati oleh Anda dan suami sebelum hari persalinan. Untuk itu, gali informasi sebanyak mungkin tentang tindik. Itu semua akan memperkuat keputusan yang akan Anda ambil.

7. Konfirmasi IMD
Mayoritas klinik dan rumah sakit telah menjadikan IMD (Inisiasi Menyusu Dini) sebagai bagian dari prosedur rutin pascpersalinan. Namun Anda tetap perlu mengkonfirmasi ada tidaknya IMD di rumah sakit yang akan menjadi tempat Anda bersalin,. Ada baiknya Anda pun menanyakan secara detail mengenai proses yang akan dijalani agar bisa mempersiapkan diri.

8. Perlakuan terhadap tali pusat
Umumnya, penjepitan dan pemotongan tali pusat pada bayi dilakukan segera setelah ia lahir. Tapi kini, penelitian menyatakan bahwa penundaan pemotongan tali pusat berguna menurunkan risiko anemia pada bayi Anda. Meski demikian, penundaan terlalu lama juga meningkatkan risiko jaundice (sakit kuning) pada bayi. Karenanya, bicarakan dengan pasangan serta dokter atau bidan mengenai perlakuan yang hendak Anda terapkan pada tali pusat kelak.

9. Dot atau jempol?
Pacifier alias empeng atau dot bisa dibilang merupakan senjata andalan orangtua—terutama orangtua baru yang minim pengalaman, dalam menghadapi tangisan bayi. Banyak pihak menyatakan bahwa pemakaian dot lebih baik daripada bayi tergantung pada isapan jempol. Namun, pemakaian dot juga berisiko memengaruhi bentuk susunan gigi. Pelajari pro dan kontra tentang penggunaan dot untuk memantapkan Anda dalam menyikapinya.

10. Tempat tidur
Ia akn tidur di kamar sendiri atau bersama Anda. Apapun pilihan Anda siapkan tempat tidur untunya. Artinya, pastikan cat dinding sudah kering dan tak lagi menguarkan aroma, wallpaper dan perabotan sudah terpasang dengan baik, kain tirai sudah dicuci bersih, serta barang-barang bayi seperti baju, popok, dan mainan telah tersusun rapi di dalam lemari.

11. Yuk, bersih-bersih!
Jadwalkan bersih-bersih seluruh penjuru rumah dengan mengajak suami dan asisten keluarga.  Cuci karpet, tirai, selimut, taplak meja, serta bedcover. Bersihkan debu dari permukaan perabot dan kawat nyamuk, serta sortir benda-benda yang sudah tidak terpakai agar rumah terhindar dari tumpukan barang yang berpotensi menjadi sarang nyamuk dan serangga.

12. Membuat “wishlist”
Penyusunan baby gift registry (daftar kado yang diinginkan) dari toko perlengkapan bayi memang belum menjadi budaya. Namun Anda tak ada salahnya Anda memulai menawarkan itu kepada saudara dan teman dekat.Hal ini berguna untuk menghindari penumpukan barang yang tidak diperlukan dan mubazir. Jika pun tidak membuat itu, Anda bisa menjawab jujur pertanyaan “Mau kado apa?” dari sanak dan kerabat.

13. Belanja terakhir
Cek kembali barang-barang kebutuhan bayi, Anda, dan suami. Mungkin masih ada benda-benda yang lupa dibeli. Sekarang saatnya berbelanja. Sekalian berolahraga Anda bisa mengajak suami ke mal terdekat, namun bukan di saat  mal berjejal. Anda juga bisa belanja secara online. Setelah bayi lahir, kemungkinan waktu Anda dan pasangan akan habis untuk membiasakan diri dengan jadwal tidur dan menyusu.

 
14. Perawatan tubuh
Bukan hanya menjadwalkan sesi senam hamil dan melakukan pijat perineum, sisihkan pula waktu Anda untuk menikmati perawatan tubuh lainnya seperti creambath, manicure, dan pedicure. Memanjakan diri dengan perawatan tubuh amat berguna untuk meredakan ketegangan yang sering muncul di akhir masa kehamilan. Begitu ia lahir nanti, kemungkinan Anda lebih senang menggunakan waktu luang untuk membayar waktu tidur ketimbang pergi ke salon.

15. Kelas perawatan bayi
Cukup banyak klinik dan rumah sakit yang mengadakan kelas perawatan bayi bagi para calon orangtua. Jadi daftarlah! Di tempat itu Anda akan belajar secara langsung cara memandikan, menggendong plus memiliki teman baru ‘senasib’ yang bisa jadikan Anda teman berdiskusi.

16. Bergabung milis pengasuhan anak
Mulailah mencari grup, milis dan situs yang membahas hal-hal seputar pengasuhan anak. Bergabung ke dalam salah satunya—misalnya website www.ayahbunda.co.id atau milis sehat yang akan membuka wawasan Anda tentang dunia baru yang menanti di depan mata. Bukan hanya tips, Anda pun bisa menemukan banyak kisah inspiratif yang dialami oleh para ibu lainnya.

17. Kencan dengan pasangan
Pernah mendengar istilah babymoon? Ini adalah ajang bulan madu yang dilakukan menjelang kehadiran sang buah hati. Tujuan dari babymoon adalah untuk menikmati saat romantis bersama pasangan, sebelum waktu berduaan dan jam tidur Anda terpangkas habis. Tak perlu jauh dan lama, cukup menghabiskan akhir pekan berdua untuk mengisi penuh energi “baterai” yang menguatkan hubungan Anda dan pasangan.

18. Nge-date dengan  sahabat
Sudah lama tidak menikmati girls day out dengan para sahabat? Kini adalah momen yang pas untuk melakukannya. Entah sekadar nongkrong di kafe, nyalon bareng, atau  “butik hopping”, akan terasa menyenangkan dan ampuh meredakan berbagai keluhan kehamilan yang Anda rasakan. Telpon para sahabat sekarang juga, karena setelah ia hadir, Anda tak akan punya cukup banyak waktu luang untuk melakoninya.

19. Me time
Selain menghabiskan waktu bersama pasangan dan para sahabat, sediakan waktu untuk menikmati me time, entah menonton film, karaoke atau membaca buku. Saat sendiri itu Anda bisa sekalian memantapkan hati dan pikiran untuk memasuki jenjang kehidupan baru sebagai seorang ibu.

20. Simpan stok buku & DVD
Mengingat begitu banyaknya waktu yang akan Anda habiskan di rumah selama mengurus bayi Anda, sediakan stok buku dan DVD yang cukup sebagai hiburan nanti. Segarkan pikiran dengan majalah fashion, komik, novel romantis, dan serial film komedi. Ini ampuh untuk menghindari perasaan bahwa Anda sedang menjalani masa “tahanan rumah”.

21. Buat “primbon” pekerjaan kantor
Mendelegasikan pekerjaan kantor adalah salah satu prioritas utama yang perlu Anda kerjakan sebelum mengawali cuti hamil. Selain mengatur pembagian tugas, buatlah “primbon” alias buku catatan berisi nomor-nomor telepon penting serta detail tahapan pekerjaan yang sedang Anda jalankan. Ini akan berguna sebagai bahan acuan bagi kolega.

22. Melapisi kasur
Pelapis kasur tahan air bukan hanya perlu dipasang pada tempat tidur anak untuk menghindari ompol bayi merembes ke atas kasur, melainkan juga untuk melapisi tempat tidur Anda. Ini untuk berjaga-jaga jika air ketuban pecah pada saat Anda terlelap. Pelapis kasur tahan air juga berguna jika kelak Anda hendak memindahkan bayi dari dalam boksnya dan mengajaknya tidur siang bersama di atas kasur besar.

23. Membeli baju “in-between”
Setinggi apa pun harapan dan usaha Anda untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti semula, nyatanya ukuran tubuh Anda tidak akan bisa menyusut drastis dalam hitungan hari setelah melahirkan. Tapi, mengenakan baju hamil tentu akan membuat penampilan Anda tampak kedodoran. Maka, beli beberapa helai baju “in-between” agar Anda bisa kembali tampil modis tanpa masih terjebak dalam busana hamil.

24. Foto dulu
Percaya deh, meski kedengarannya sepele, namun suatu saat nanti Anda akan ingin mengenang kembali masa kehamilan yang pernah dialami melalui foto. Boleh juga menggunakan jasa fotografer profesional untuk menangkap momen dan angle terbaik. Biarlah jejak guratan cokelat, jerawat, dan rambut rontok menjadi kenangan yang Anda simpan dalam benak, bukan dalam foto.

25. Tuntaskan pelatihan asisten
Meski Anda menggunakan jasa asisten rumah tangga atau babysitter yang sudah berpengalaman, tetap saja ada kebiasaan tertentu yang berbeda di setiap rumah, seperti cara mensterilkan botol, mencuci baju, serta memproses makanan. Agar segalanya berjalan lancar pastikan Anda telah melatih dan menguji asisten rumah tangga atau babysitter.

26. Pembekalan bagi kakak

Tambahan anggota keluarga baru sudah pasti akan mendatangkan sejumlah perubahan di sana-sini. Agar sang kakak tidak kaget dan merasa tersisihkan, libatkan ia dalam setiap tahap persiapan kehadiran bayi, mulai dari menyiapkan kamar, memberi nama, hingga menjemput adik kecilnya dari rumah sakit. Tekankan bahwa kehadiran adik baru tidak akan mengurangi kadar cinta ayah dan bunda kepadanya.

27. Sewa atau beli
Menjamurnya tempat penyewaan barang kebutuhan bayi membuat Anda punya pilihan untuk membeli atau menyewa boks bayi, stroller, dan car-seat. Menyewa bisa menguntungkan karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk barang yang mahal harganya, sebentar dipakainya. Pilih metode yang paling pas untuk  keluarga Anda.

28. Belajar memasang dan melipat
Melipat stroller, memasang dan mencopot car-seat ternyata butuh latihan. Latih terus teknik mengoperasikan benda-benda tersebut sejak beberapa minggu sebelum kehadirannya, agar Anda sudah terampil melakukannya ketika waktunya tiba.

29. Video & foto persalinan
Ingin proses persalinan Anda diabadikan dalam bentuk foto dan video? Selain meminta bantuan dari sanak kerabat, Anda juga bisa menggunakan jasa profesional yang sudah berpengalaman mengabadikan momen persalinan. Beberapa rumah sakit telah menjalin kerjasama dengan perusahaan penyedia jasa pembuatan dan penyuntingan video, sehingga Anda bisa menggali informasi dari suster dan petugas lainnya mengenai performa kerja mereka.

30. Mantapkan keuangan
Mulailah mengurangi membeli barang-barang yang tidak perlu, menunda keinginan membeli tas baru atau gadget baru misalnya. Fokuskan keuangan Anda untuk kebutuhan bayi, syukur-syukur jika bisa menabung.
Hitung perkiraan biaya ekstra tersebut dan alokasikan dari mana sumber pendanaannya.

(Nayu Novita/ERN)

Baca Juga:
Persiapan Jelang Kelahiran
Persiapan Kelahiran Bayi Kembar Prematur
Biaya Persiapan Melahirkan

 



Artikel Rekomendasi