4 Kiat Tekan Risiko Pada Kehamilan

 

Hamil di usia di atas 30 tahun, terutama hamil anak pertama, mengundang risiko timbulnya gangguan kesehatan, baik bagi ibu maupun janin. Berikut kiat untuk memperkecil risiko tersebut:
  • Lakukanlah pemantauan terhadap gangguan kesehatan yang mungkin timbul saat hamil, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.
  • Upayakanlah untuk tidak mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan. 
  • Konsumsilah suplemen, terutama asam folat, sesuai anjuran dokter untuk mengurangi risiko cacat bawaan pada janin, seperti spina bifida.
  • Carilah informasi tentang risiko kehamilan yang sedang Anda jalani,  dan tes-tes yang sebaiknya Anda lakukan untuk mendeteksi dini gangguan kesehatan yang mungkin timbul pada kehamilan.
Dulu jika denyut jantung janin di atas 140 per menit menunjukkan bayi berjenis kelamin perempuan. Sedangkan jika denyut jantungnya di bawah itu, bayi berjenis kelamin laki-laki.

Kini, dari hasil studi yang dimuat dalam The British Journal of Obstetrics and Gynecology (Januari,2008), membuktikan bahwa tidak ada keterkaitan yang kuat antara jenis kelamin dan denyut jantung janin.
 

 



Artikel Rekomendasi