Apa itu Fibroid?

 

Fibroid atau uterine fibroid adalah tumor jinak yang tumbuh di dalam rahim.  Mereka terbentuk dari sel-sel yang membentuk otot dinding rahim. Secara medis dikenal sebagai leiomyoma atau myoma uterus.

Fobroid biasanya berukuran sebesar biji kacang polong, namun juga bisa membesar hingga seukuran bola. Meskipun tidak meningkatkan risiko kanker dan tidak mempengaruhi kesuburan, fibroid bisa menekan saluran tuba sehingga mempengaruhi implantasi telur yang dibuahi. Selain itu dapat juga menekan usus dan kandung kemih.

Belum pasti apa yang menjadi penyebab fibroid. Mereka bisa tumbuh dengan cepat ketika tingkat kadar estrogen pada wanita tinggi. Terutama saat wanita sedang hamil atau menggunakan pil kontrasepsi. Pada wanita hamil, fibroid bisa menutupi jalan lahir sehingga persalinan harus melalui operasi Caesar.

Kasus fibroid biasanya ditemukan pada wanita usia sekitar 30an ke atas. Dan cenderung akan menurun ketika wanita mengalami manapouse, di mana kadar estrogennya juga berkurang. Pembedahan bisa dilakukan jika dianggap perlu.

Gejala fibroid seringkali berupa sakit punggung, nyeri panggul, sembelit, serta perasaan penuhdan berat dalam perut. Sebagian besar perempuan tidak menyadari, bahwa gejala-gejalan ini sebagai tanda bahwa mereka mengalami fibroid.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more