Diet Ibu Hamil Hipertensi

 

Beberapa ibu hamil diminta untuk mengurangi kadar garam dalam makanannya untuk menghindari risiko preeklampsia, pembuluh darah menyempit dan mengganggu pertumbuhan janin akibat hipertensi. Bagaimana caranya? Ikuti panduan ini:
  • Diet bagi ibu hamil yang hipertensi adalah diet rendah garam, terdiri dari diet ringan (konsumsi garam 3,75-7,5 gram per hari), menengah (1,25-3,75 gram per hari) dan berat (kurang dari 1,25 gram per hari). Menjaga rasa makanan sealami mungkin merupakan diet terbaik.
  • Saat menurunkan konsumsi garam, makanlah banyak buah-buahan dan sayuran yang kaya potasium seperti kacang-kacangan dan aprikot. Potasium membantu menurunkan tekanan darah. Namun jika Anda juga mengalami gangguan ginjal, hindari potasium sebab memperburuk kondisi ginjal.
  • Kalsium dan magnesium adalah dua jenis mineral yang baik bagi penderita hipertensi. Terdapat pada susu, ikan laut, rumput laut, kacang, kol, kacang almond kering, bayam, alpukat, pisang, kismis dan kacang mede.
  • Buah-buahan dan sayuran tinggi serat juga punya kemampuan menurunkan tekanan darah.
  • Asam lemak tak jenuh seperti omega 3 dari minyak ikan tuna juga punya efek yang bagus untuk menurunkan tekanan darah.
  • Alkohol dilarang karena dapat meningkatkan tekanan darah. Waspada alkohol yang tersembunyi di dalam makanan.      

 



Artikel Rekomendasi

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more