Gatal Berlebihan, Pendarahan Vagina dan Gerak Janin “Menghilang.”

 

Beberapa gejala ini, seringkali terjadi pada kehamilan. Cari tahu penyebabnya dan tindakan yang harus dilakukan untuk mengatasinya. 

Gatal berlebihan.
Disebabkan oleh:
  • Peregangan kulit. Di akhir kehamilan, kulit  tidak hanya meregang tapi juga kering dan gatal.
  • Keringat berlebih di area lipatan. Solusi: buat daerah yang gatal tetap dingin, dengan memakai baju dari bahan katun atau mandi air dingin. Gunakan pelembab tanpa pewangi untuk mengatasi kulit kering, atau dengan minyak zaitun atau baby oil.
  • PUPP (Pruritic urticarial papules and plaques of pregnancy). Biasanya mulai terasa di perut, lalu menyebar ke kaki, tangan, dada dan leher. Biasa terjadi di trimester ketiga, pada kehamilan pertama atau kembar, yang akan hilang setelah persalinan. Jangan menggaruk bagian yang gatal. Bila sangat menggangu segera hubungi dokter.
Segera ke dokter kalau:
  • Obstetriz cholestasis (OC) yaitu gangguan yang berkaitan dengan organ hati dan produksi bilirubin-sel darah merah tua yang dihancurkan di hati. Cairan empedu yang bocor dan masuk ke aliran darah bisa menyebabkan terjadinya gatal-gatal. Biasanya gatal lebih parah terjadi diarea tangan dan kaki, terutama pada malam hari. Gangguan OC ini umumnya terjadi pad atrimester ketiga yang juga disertai mual, rasa lelah, nafsu makan turun, urin menjadi berwarna gelap dan mata serta kulit berwarna menguning. Bila tidak segera ditangani, gangguan OC ini bisa menyebabkan terjadinya kondisi bahaya, yaitu kelahiran prematur atau kondisi janian dalam bahaya atau fetal distress.

Pendarahan Vagina.
Penyebab:
  • Proses penempelan di dinding rahim. Pendarahannya ringan atau hanya flek saja, biasanya muncul sekitar 8-10 hari setelah ovulasi.
  • Hubungan seksual atau pemeriksaan dalam karena mulut rahim lebih sensitif, bila pendarahan terjadi pada trimester kedua dan ketiga.
Segera ke dokter bila:
  • Tanda kehamilan ektopik bila di usia kehamilan 6-8 minggu terjadi pendarahan disertai rasa sakit akut di perut. Kondisi harus segera ditangani oleh dokter-bisa berupa operasi atau pengobatan-untuk mencegah janin terus berkembang di luar rahim.
  • Tanda kelahiran prematur bila pendarahan terjadi di trimester akhir disertai rasa sakit berlebihan, segera temui dokter kandungan Anda untuk diperiksa posisi dan denyut jantung bayi.
  • Letak plasenta di bawah, menutupi jalan kahir (plasenta previa). Pendarahan pada kondisi ini biasanya tidak disertai rasa sakit, namun darah akan berwarna merah terang. Kondisi ini perlu mendapat penanganan segera dari dokter untuk kebaikan ibu dan janin.

Gerak Janin “Menghilang.”
Penyebab:
  • Bayi sedang dalam masa tenang, seperti sang ibu yang juga butuh istirahat. Tidak ada hitungan pasti berapa kali sehari janin bergerak, tapi Anda sendiri yang bisa mengetahui pola dan frekuensi gerak bayi.
  • Ruang gerak dalam rahim makin sempit seiring dengan bertambah besar ukuran tubuhnya, sehingga janin jarang bergerak.
Segera ke dokter kalau:
  • Gerakan janin sangat lemah sehingga Anda tidak merasakannya. Cobalah untuk tiduran selama satu jam agar Anda bisa fokus merasakan gerakan janin. Bila Anda sama sekali tidak merasakan gerakannya, segera ke rumah sakit untuk memastikan kondisi bayi.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more