Gizi Penting di Trimester Akhir Kehamilan

 

Di awal trimester ketiga, ibu hamil membutuhkan tambahan 300 kalori/hari. Tambahan kalori ini diperlukan bagi pertumbuhan jaringan janin, plasenta, menambah volume darah, cairan ketuban dan cadangan ibu waktu melahirkan dan menyusui kelak.

Zat-zat penting yang dibutuhan untuk janin bertumbuh hingga saatnya ia dilahirkan adalah:
  • Protein. Kebutuhan protein meningkat 10-15 gram/hari, dibutuhkan untuk menyelesaikan tahap pematangan sejumlah organ tubuh janin.
  • Lemak. Khususnya lemak tak jenuh dibutuhkan janin dalam rangka pemenuhan zat-zat gizi untuk masa pacu cepat pertumbuhan otak janin. Karenanya,  ibu perlu mengkonsumsi makanan dari bahan-bahan pangan yang mengandung lemak tak jenuh. Kebutuhan ini dapat dipenhi dari bahan pangan hewani dan nabati.
  • Kalsium, penting untuk pertumbuhan janin, terutama tulang dan gigi. Kalau kebutuhan kalsium janin tidak terpenuhi, ia akan mengambil kalsium dan simpanan tubuh ibunya, yaitu tulang Anda. Selain itu, kekurangan kalsium pada saat ini menyebabkan Anda lebih mudah kejang dan kram kaki, sulit tidur dan sakit kepala.
  • Zat besi. Kebutuhan zat besi yang meningkat di trimester ketiga adalah untuk menambah pembentukan sel-sel darah merah untuk persiapan persalinan dan cadangan bayi hingga usianya 6 bulan. (me)
Baca juga:
Zat Gizi Untuk Pembentukan Janin
5 Top Gizi Untuk Ibu Hamil
Saran Makanan Bagi Ibu Hamil
Menu Sehat Ibu Hamil

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more