Hamil Prima Dengan Akupuntur dan Akupresur.

 

Akupuntur adalah perangsangan titik akupuntur yang dilakukan dengan menggunakan jarum halus dan harus oleh ahlinya. Sementara akupresur menggunakan gerakan dan tekanan jari, yaitu memutar dan menekan titik. Akrupresur bisa dilakukan sendiri, walupun tidak pada semua titik tubuh.

Sitem aliran energi. Teknik akupuntur maupun akupresur dilakukan berdasarkan prinsip bahwa seluruh organ tubuh dikontrol oleh sistem aliran energi atau energi vital yang disebut qi. Ketika aliran energi dalam tubuh seimbang, orang tersebut sehat. Bila sebaliknya, maka orang itu akan mengalami rasa tidak nyaman atau ada gangguan pada kerja organ tubuh.

Kaya manfaat. Kedua teknik pengobatan Cina ini dilakukan dengan cara menstimulsi titik-titik tertentu di tubuh hingga mengenai system saraf. Manfaatnya bagi ibu hamil adalah:
  • Membuat seluruh otot tubuh relaks.
  • Mengurangi rasa mual dan muntah.
  • Mengurangi rasa panas di ulu hati.
  • Menstabilkan tekanan darah.
  • Menghindari terjadinya varises.
  • Mengurangi rasa pegal di punggung, pinggang bagian belakang serta panggul.
  • Membantu janin berada di posisi seharusnya, sesuai dengan usia kehamilan.
  • Membantu melancarkan proses persalinan meringankan rasa nyeri, serta meningkatkan energi.
Cari ahlinya. Pilih ahli yang terlatih dan bersertifikat untuk melakukan akupuntur atau akupresur. Sat ini banyak pula dokter medis yang juga mempelajari akupuntur, meski tidak semua mempunyai kompetensi untuk melakukannya. Sebaiknya hubungi rumah sakit atau rumah bersalin yang mempunyai dokter spesialis akupuntur.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more