Hamil Sehat di Bulan 1

 

Selamat datang di sembilan bulan yang menakjubkan! Lengkapi dengan tips ini agar kondisi Anda pada kehamilan bulan satu lebih sehat dan bugar.

Mengonsumsi asam folat. Mengonsumsi 400 mg asam folat setiap hari selama 12 minggu pertama kehamilan Anda akan menjaga janin dari cacat lahir. Di saat periksa kehamilan pada dokter ob-gin, Anda juga perlu minta pendapatnya apakah perlu tambahan resep atau tidak.
 
Stop rokok. Berhenti merokok dan minum alkohol adalah hadiah terbaik yang bisa Anda berikan untuk bayi Anda. Ini juga termasuk tidak mewarnai rambut menjadi coklat,merah, atau biru sekalipun! Walaupun hasil riset menunjukkan bahwa aman-aman saja mengecat rambut ketika hamil, banyak dokter ob-gin yang menyarankan ibu hamil menunda dulu mewarnai rambut sampai trimester ke 2.

Hentikan mual. Jadikan makan sebuah pisang sebagai ritual di pagi hari, bahkan mungkin sebelum ibu hamil bangkit dari tempat tidur. Perut kosong membuat rasa sakit akan makin parah. Setelah itu lewati hari Anda dengan konsumsi makanan tinggi kabohidrat, seperti roti atau crackers. Ada juga ibu hamil yang sangat menyukai biskuit jahe, teh atau hidangan yang memiliki rasa segar macam salad, jeruk atau teh rasa mint.

Simpan energi. Jangan tunda tidur Anda begitu kantuk sudah menyerang juga biarkan pembantu rumah tangga (atau suami) melakukan pekerjaan beres-beres rumah. Tentu ibu hamil tak boleh lupa melakukan olahraga ringan setiap hari demi menjaga agar tubuh tetap sehat.

Tak perlu cemas!. Mungkin Anda sangat kuatir pada keguguran, namun jangan jadikan kecemasan itu mengganggu kebahagiaan kehamilan Anda. Ingat-ingat saja bahwa keguguran terjadi karena ketidaknormalan, jadi seringkali hampir tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya. Dan tak ada alasan untuk menyalahkan diri sendiri bila hal itu terjadi.
 
Tidak susah melakukan agar kehamilan tetap sehat, kan?  

 



Artikel Rekomendasi