Hindari Penyebab Edema

 

Kaki bengkak alias edema ini umumnya normal terjadi pada wanita hamil. Tapi Anda sebaiknya tetap waspada.

Pembengkakan atau edema selama hamil, terutama terjadi di trimester terakhir. Namun, ada juga ibu hamil yang mulai merasa ada pembengkakan saat usia kehamilannya baru 5 bulan.

Mengapa terjadi? Perlu Anda tahu, tubuh wanita hamil memproduksi darah dan cairan tubuh kira-kira 30% lebih banyak. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan janin. Cairan yang meningkat inilah diduga penyebab edema. Meski ada juga penyebab lain yaitu adanya gangguan sirkulasi darah.

Gara-garanya, rahim yang terus bertambah besar akan menekan pembuluh darah di daerah panggul serta vena. Hal ini diperberat lagi dengan adanya gaya gravitasi bumi yang menyebabkan gaya tarikan ke bawah. Itu sebabnya, pembengkakan umumnya terjadi di kaki.

Biasanya, pembengkakan bertambah buruk di sore hari akibat Anda lama berdiri, atau jika Anda berada di lingkungan yang panas. Selain di kaki, pembengkakan juga bisa terjadi di wajah, tangan, dan bagian tubuh yang lain.

Pembengkakan yang terjadi selama kehamilan umumnya bukan merupakan masalah serius, walau mungkin menimbulkan rasa tidak nyaman dan merepotkan. Sebagian besar ibu hamil merasa pembengkakan yang dialaminya berkurang setelah berbaring beberapa jam, atau setelah tidur di malam hari. Nah, jika pembengkakan yang Anda alami tidak kunjung berkurang setelah Anda beristirahat beberapa jam, sebaiknya waspada. Siapa tahu Anda termasuk golongan ibu hamil yang berisiko tinggi mengalami komplikasi kehamilan yang dikenal dengan nama pre-eklampsia.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more