Ibu Hamil Jangan Makan Berlebihan

 

Apakah Anda pernah merasa sangat lapar sehingga makan lebih banyak dari biasanya? Jika ya, Anda tidak sendiri. Namun, selama hamil sebaiknya Anda hanya makan untuk memenuhi kebutuhan Anda dan bayi dalam perut Anda. Jadi, lebih baik makan dengan porsi seperti biasa ditambah sekitar 300 kalori per hari (sekitar 2 gelas nasi putih) selama 6 bulan terakhir kehamilan. Misalnya, kebutuhan kalori ibu hamil usia 19-29 tahun adalah 900 kalori, ditambah 300 kalori sehingga menjadi 2200 kalori. Kiat-kiat berikut bisa membantu Anda menjaga porsi makan yang pasa selama hamil.

Berawal dari pikiran.
Ternyata apa yang Anda pikirkan atau rasakan bisa membantu Anda mengontrol porsi makan. Ini buktinya.
  • Alihkan godaan untuk makan. Cobalah perhatikan, makanan apa yang mudah menerbitkan selera makan Anda dan seberapa sering Anda tergoda untuk menyantapnya. Ingatlah, tanda-tanda perut kita minta diisi adalah terdengar suara perut kosong, perut terasa melilit dan Anda merasa lemas. Biasanya, tanda-tanda ini muncul 4-5 jam setelah Anda terakhir kali makan berat. Jadi, jika tubuh tidak menunjukkan tanda-tanda tersebut, Anda bisa mengatakan bahwa ini bukan waktu untuk makan.
  • Hindari terhanyut perasaan. Hati-hati, bisa saja Anda makan untuk memuaskan pikiran, bukan karena lapar! Masksudnya, apa yang anda pikirkan atau rasakan, dapat memepengaruhi Anda untuk makan dengan porsi makan makanan ringan yang sehat (sebutir apel, misalnya) sebelum Anda pergi atau berjalan-jalan dengan teman.
  • Makan bukan lomba. Tahukan Anda, perut perlu waktu skeitar 10 menit untuk menyampaikan pesan pad aotak bahwa Anda sudah kenyang? Agar pesan itu tidak “terlambat” sampai otak atau kita terlanjur memasukkan terlalu banyak makanan dalam rentang waktu tersebut, perlambatlah kecepatan makan Anda. Caranya, makan menggunakan sumpit, atau kunyahlah makanan dalam jumlah tertentu, yakni minimal 10 kali setiap suapan atau gigitan.
Kiat Praktis Mengontrol Porsi Makan Saat Hamil.
Saat Makan Di Luar
Contoh Menu dan porsi Ngemil Untuk Ibu Hamil

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more