Ibu Hamil Perlu Relaksasi

 

Percayalah, dengan perasaan dan pikiran yang tenang, Anda akan lebih siap menghadapi berbagai kondisi kehamilan. Silahkan coba relaksasi seperti yang berikut ini

Disadari atau tidak, perasaan tegang, takut, atau cemas kadang-kadang muncul dalam diri calon ibu. Bila perasaan tersebut dibiarkan berlarut-larut, bisa-bisa Anda jadi stres, dan selanjutnya si kecil ikut-ikutan jadi korban. Jadi, mengapa tidak Anda atasi saja perasaan negatif itu dengan relaksasi?

Sisihkan waktu. Relaksasi adalah semua kegiatan yang dapat mengendurkan saraf-saraf yang tegang. Bagi Anda yang senang bepergian, bisa melakukan relaksasi dengan berjalan-jalan atau mencari suasana lain.

Bila tidak sempat bepergian, Anda tetap bisa tenang dan nyaman. L akukan saja kegiatan favorit Anda. Misalnya, melakukan perawatan tubuh, pijat, aromaterapi, yoga, mendengarkan musik, nonton TV, atau sekadar membaca buku kesayangan.

Bagaimana kalau Anda sedang ada di kantor? Bukan alasan untuk tidak melakukan relaksasi.

Berikut beberapa cara relaksasi.
  • Cari posisi yang paling enak . Pilih kursi yang nyaman, lalu duduklah tegak. Sangga punggung dengan bantal, dan rilekskan kaki Anda. Atau, duduk dan letakkan kepala Anda di atas meja bertumpukan lengan atau bantal yang empuk. Mata Anda boleh ditutup, boleh juga dibuka. Yang penting, rileks.
  • Bernapaslah dengan tenang. Tariklah napas, lalu hembuskan pelan-pelan melalui mulut, hingga dada terasa lapang. Ulangi beberapa kali hingga tubuh terasa rileks.
  • Tenangkan pikiran. Menenangkan pikiran berarti juga membuat tubuh jadi rileks. Dalam hal ini dibutuh kesabaran dan ketekunan. Sebelum mulai, ciptakan suasana tenang di sekitar Anda. Bila perlu, putar musik yang lembut. Tutup mata Anda, lalu berkonsentrasi dan bernapaslah secara teratur. Biar tubuh betul-betul rileks dan Anda pun bahagia, bayangkan diri Anda dalam suasana yang menyenangkan. Setelah itu, sebarkan perasaan ini ke seluruh tubuh. Lakukan latihan selama sekitar 20 menit, lalu secara perlahan-lahan bukalah mata untuk menyelesaikan latihan.
  • Ulangilah latihan-latihan ini bila Anda mulai resah atau takut akan kondisi kehamilan Anda. Makin sering berlatih, makin mudah pula Anda mencapai keadaan rileks. Tidur pun nyenyak, serta berbagai stres terlupakan.

 



Artikel Rekomendasi