Ibu Hamil, Waspadai 3 Hal Ini

 

Selama hamil, calon ibu tak bisa menghindar dari kewajiban menjaga kesehatan dirinya karena akan berpengaruh pada janin yang dikandung. Agar tetap sehat, sebaiknya hindari tiga hal berikut 

Hati-hati cat rambut. Pada dasarnya, kondisi kehamilan tiap orang itu berbeda-beda. Apa yang aman digunakan orang lain, belum tentu sama reaksinya pada Anda. Sebuah penelitian di Amerika mengatakan cat rambut tidak menyebabkan bayi lahir cacat. Tapi toh lebih bijaksana jika Anda konsultasikan dulu hal ini pada dokter. Lebih-lebih pada masa trimester pertama. Bagaimanapun, zat yang Anda oleskan di permukaan rambut/kulit bisa masuk melalui pori-pori ke pembuluh darah yang akhirnya sampai pada janin.

Cermati kosmetika. Make up menambah cerah wajah sekaligus menutupi flek-flek yang biasa muncul akibat kerja hormon kehamilan. Namun, kini Anda harus cermat memilih kosmetika. Penjelasannya sama dengan urusan cat rambut tadi. Selain itu, adakalanya kosmetika yang sebelumnya aman, kini menimbulkan semacam reaksi alergi.

Parfum, jangan di leher. Mengapa? Pertama, indera penciuman sering lebih sensitif. Akibatnya, parfum yang dulu lembut sekarang terasa terlalu kuat dan membuat Anda pusing.

Kedua, parfum juga bisa merangsang timbulnya reaksi alergi, baik di hidung maupun di kulit. Jadi, cium dan rasakan dulu aroma parfum sebelum memakainya. Kalau tidak ada reaksi alergi, silakan pakai. Kalau terjadi sebaliknya, Anda harus menggantinya dengan yang lain.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more