Janin Salah Posisi

 

Janin 'salah posisi' adalah posisi kepala janin yang seharusnya menghadap jalan lahir, tidak terjadi sehingga janin sungsang atau melintang!

Posisi janin dikatakan sungsang bila bokongnya lebih rendah daripada kepala.  Kelahiran sungsang terjadi pada 1 dari 25 kelahiran bayi yang lahir cukup bulan. Angka ini tidak tergolong besar, karena umumnya beberapa minggu sebelum lahir, janin akan berputar dan menempatkan kepalanya di jalan lahir, sehingga dia bisa melewati jalan lahirnya dengan mulus. Selain sungsang, ada juga yang posisinya melintang.   

Apakah kehamilan dengan janin sungsang dan melintang berbahaya? Sebetulnya letak janin sungsang masih bisa diperbaiki. Kalau tidak dapat diputar, janin masih tetap bisa lahir normal. Tapi, kelahiran sungsang sangat berisiko. Sedangkan pada posisi melintang, bila janin tidak dapat diputar, harus lahir dengan cara operasi Caesar.  

Penyebab Belum diketahui. Penyebab posisi janin sungsang dan melintang belum diketahui secara pasti. Tetapi, umumnya kehamilan sungsang  dialami oleh ibu yang:
  • Sudah beberapa kali melahirkan, sehingga rahimnya sangat elastis.
  • Ukuran janin terlalu besar untuk ukuran panggul ibu.
  • Hamil kembar, karena janin berebut tempat.
- Pernah melahirkan bayi prematur.

- Kurang cairan ketuban dalam rahim.

- Punya bentuk rahim yang tidak normal atau pertumbuhan rahim yang tidak normal, misalnya terdapat mioma.

- Mengalami plasenta previa atau plasenta menutup jalan lahir.

Sedangkan pada posisi janin melintang, biasa dialami ibu dengan kehamilan ganda atau kembar, dan ibu yang punya dinding perut yang lemah. Baik posisi sungsang maupun melintang dapat dideteksi lewat pemeriksaan rutin, yaitu dengan cara:

- Meraba perut bagian luar. Doker akan meletakkan tangannya di perut ibu bagian bawah untuk memastikan lokasi kepala, bokong dan kaki. Janin diduga sungsang bila bagian paling keras dan besar berada di kutub atas perut. Bagian terbesar dan terkeras dari janin itu adalah kepala.

- Periksa dalam, yaitu memeriksa vagina menggunakan jari. Bila di bagian panggul ibu terasa lunak dan keras di bagian atas, berarti janin sungsang.

- Pemeriksaan dengan ultrasonografi. (me)

Baca juga:
Mengubah Posisi Janin Sungsang
Janin Sungsang, Bisakah Lahir Normal?


 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more