Kehamilan: Ibu Hamil dan Bobot Tubuh

 

Obesitas meningkat. Sejak tahun 2000, ibu hamil yang mengalami obesitas di Amerika Serikat meningkat 30% setiap tahun. Di Indonesia, belum ada data pasti, tetapi pada kenyataannya, ibu hamil obesitas kini cukup banyak.

Anda yang mengawali kehamilan dengan berat badan berlebih perlu berhati-hati. Anda harus menjaga agar berat badan hanya naik antara 12 - 16 kg dibandingkan dengan berat badan sebelum hamil. Mengapa? Ada terlalu banyak risiko bila Anda hamil dengan berat badan berlebihan.

Risiko ibu hamil. Apabila Anda mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan maka Anda berisiko mengalami:
  • Preeklampsia. Cirinya, kaki bengkak dan adanya penimbunan cairan tubuh, disebut juga retensi air. Akibat bengkak, aliran darah ke janin terhambat dan ini dapat berakibat fatal.
  • Diabetes gestasional. Jenis diabetes yang hanya terjadi selama hamil. Ini mengakibatkan janin mengalami kenaikan berat badan yang sangat besar sehingga janin sulit melalui jalan lahir.
  • Operasi Caesar. Kemungkinan untuk melahirkan melalui operasi caesar menjadi besar jika ibu hamil obesitas. Secara ekstrim ibu hamil yang berbobot 95 kg akan sulit bersalin alami dan berisiko mengalami komplikasi jika tetap melahirkan secara normal.

Risiko janin dan bayi. Tak hanya ibu hamil yang akan "rugi" jika bertambah bobot secara berlebihan. Pada janin, kelebihan berat badan pada ibu akan menyebabkan janin dan bayi mengalami:
  • Makrosomia atau kelebihan berat lahir. Ukuran janin yang terlalu besar (lebar bahu lebih besar dari diameter kepala) menyulitkan proses lahir secara normal. Akibatnya ini juga meningkatkan risiko terjadinya komplikasi persalinan.
  • Kelainan tabung saraf pusat (spina bifida) dapat dideteksi pada awal kehamilan. Pada ibu hamil yang bobotnya bertambah banyak sekali, timbunan lemak di perut menyulitkan dokter untuk mendeteksi.
  • Obesitas pada bayi. Sekitar 30% bayi yang berat lahirnya besar lahir dari ibu yang mengalami obesitas. Gejala obesitas pada bayi ini sudah terlihat sebelum balita mencapai umur 4 tahun. 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more