Kehamilan: Panggul Pegal-pegal

 

Hampir separuh wanita hamil mengalami pegal-pegal, bahkan nyeri di seputar panggul. Bagaimana mengatasinya? Bolehkah mengosumsi obat anti-nyeri?

Pada masa kehamilan, tubuh mengeluarkan hormon relaksin yang membuat persendian di seputar jalur persalinan lebih longgar. Ini mengakibatkan rasa sakit di seputar panggul. Biasanya rasa sakit ini baru mulai terasa pada usia kehamilan 18 minggu.

Bagaimana mengatasinya? Karena penyebabnya adalah hormon kehamilan, biasanya tidak diberikan obat. Dokter kandungan mungkin akan bekerja sama dengan fisioterapis untuk merawat Anda. Anda akan dianjurkan untuk menggunakan sabuk penyangga perut, agar tekanan ke rongga bawah tidak terlalu berat. Fisioterapis juga akan memberikan latihan untuk menguatkan otot yang menyangga persendian, serta  petunjuk sikap tubuh sehari-hari yang tepat untuk mengurangi rasa sakit.

Boleh minum obat penghilang nyeri? Boleh saja, sepanjang tidak ada penyakit lain yang menyertai dan menyebabkan rasa sakit atau nyeri itu. Bila diperlukan dokter akan memberikan obat-obat penghilang rasa nyeri yang aman untuk janin. Obat gosok atau tempel juga bisa digunakan dan tidak membahayakan janin.

Apapun upaya yang Anda lakukan, konsultasikan dulu dengan dokter kandungan Anda.

 



Artikel Rekomendasi