Kelahiran: Perawatan Paska Persalinan Caesar

 

Setelah operasi, Anda akan menjalani masa rawat inap. Dokter, bidan, atau perawat akan rutin memantau kondisi kesehatan Anda, seperti tekanan darah, kondisi rahim, cairan nifas (lokia), dan bekas luka operasi.

Segera pulihkan kesehatan Anda dengan:
  • Banyak istirahat. Dokter biasanya akan memberi obat atau suntikan untuk mengurangi sakit, dan aman untuk ibu menyusui. Bila dilakukan pembiusan lokal, Anda harus berbaring selama 12 - 24 jam, tergantung instruksi dokter. Bila Anda terlalu cepat bergerak akan pusing. Bila dilakukan pembiusan total/umum, gerakan bisa dilakukan lebih dini, kurang lebih 6 jam pasca operasi. Mulai dari miring kiri kanan dulu, lalu setengah duduk, dan seterusnya. Bila selang infus dan katerer urin telah dilepas, Anda sudah bisa duduk berdiri. Namun untuk yang pertama kali, Anda harus selalu didampingi.
  • Tetap "makan". Selama aktivitas usah belum normal, Anda akan diberi infus glukosa lewat pembuluh darah balik. Setelah diperbolehkan makan oleh dokter, sebaiknya Anda banyak minum dan hindari makanan yang memicu timbulnya gas seperti kol.
  • Bila bosan di atas tempat tidur, Anda boleh kok bersantai sejenak di atas sofa. Kalau kondisi Anda baik, biasanya diperkenankan berjalan-jalan sebentar. Pergerakan ini dapat melancarkan peredarahan darah dan mempercepat penyembuhan.
  • Upaya tidur saat bayi tidur. Ketika bayi bangun dan menangis minta disusui, Anda sudah cukup fit.
  • Batasi tamu agar Anda cukup beristirahat, apalagi yang datang di luar waktu besuk.
Bila operasi berlangsung lancar dan baik tanpa komplikasi, pada hari ke-3 setelah operasi Anda boleh pulang. Bila dirasa perlu pemantauan lebih lanjut, misalnya, ada perdarahan atau luka terinfeksi, maka waktu inap bisa 5 - 7 hari. Setelah pulang ke rumah, upayakan tetap relaks. Anda bisa beraktivitas seperti biasa, namun hindari kegiatan berat, misalnya mengangkat barang yang berat minimal selama minggu pertama.
 
Umumnya, masa pemulihan luka  jahitan bekas operasi di lapisan kulit perut memerlukan waktu sekitar 1 minggu. Biasanya, luka akibat operasi akan sembuh total dalam waktu 6 bulan.

 



Artikel Rekomendasi