Kena Hernia Bisa Melahirkan Normal?

 

Tanya: Saya (22 tahun) sedang hamil anak pertama (4,5 bulan).  Sejak berumur 2 tahun, dokter mendiagnosa saya menderita hernia (ada benjolan di bagian kanan alat vital saya yang terlihat pada saat menangis, BAB atau jika melakukan aktivitas berat.  Namun setelah dewasa sampai sekarang, saya tidak merasakan apa pun, padahal hernia tersebut belum dioperasi).  Saya jadi khawatir, apakah dapat melahirkan secara normal?  Berpengaruhkan hernia tersebut terhadap bayi saya?

Jawab: Anda mengalami hernia pada waktu masih kecil. Hernia pada anak-anak (terutama perempuan), dapat menutup sendiri tanpa dioperasi.  Bila saat dewasa hernia tersebut tidak kambuh lagi, berarti hernia tersebut telah menutup.

Selama ini, penyakit hernia bukanlah alasan untuk bersalin secara tidak normal. Artinya, pasien yang hamil dengan hernia boleh saja bersalin secara normal, selama hernia tersebut tidak terjepit. Kalau saluran usus terjepit, bisa menimbulkan keadaan darurat.

Pada Anda, karena hernia yang pernah Anda alami tidak pernah kambuh, maka diharapkan bisa melahirkan secara normal. Tindakan bedah caesar hanya dilakukan bila ada indikasi obstetrik lainnya. Hernia yang dialami ibu, tidak akan berpengaruh kepada bayinya.

dr. Lastiko Bramantyo, Sp.OG
POGI Jaya

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more