Kontraksi Pasca Persalinan

 

Jangan mengira mulas seperti kontraksi yang dialami menjelang melahirkan sudah tidak muncul lagi. Sampai sekitar seminggu setelah persalinan, pada saat-saat tertentu, rasa sakit di perut seperti mulas menjelang melahirkan, kadang-kadang muncul lagi.

Tapi jangan khawatir, sakit perut yang satu ini normal dialami oleh ibu yang baru melahirkan. Ini malah pertanda baik, karena rahim Anda berkontraksi lagi untuk penyusutan/pemulihan, setelah berbulan-bulan bekerja keras sebagai wadah janin. Pembuluh darah di rahim pun menyusut, sebagai proses alami mencegah terjadinya perdarahan.

Rasa sakit ini pada umumnya muncul juga ketika Anda menyusui bayi beberapa hari setelah melahirkan. Proses isapan di payudara memang bisa juga merangsang rahim untuk berkontraksi.

Itu sebabnya pemberian ASI untuk bayi segera setelah persalinan, sangat dianjurkan. Karena, bukan saja mempererat hubungan ibu dan bayinya, tapi juga membantu proses pemulihan rahim dengan kontraksi yang ditimbulkannya. Kalaupun Anda tak tahan dengan rasa sakit akibat mulas ini, Anda dapat minta obat kepada dokter.

 



Artikel Rekomendasi