Makanan Berserat Cegah Sembelit Ibu Hamil

 

Sembelit memang sering dialami oleh wanita hamil ketika memasuki triwulan kedua masa kehamilan. Sembelit ini tidak akan mengganggu kehamilan itu sendiri, namun membuat Anda tidak nyaman. Selain karena penekanan dari rahim yang membesar pada usus-usus di dalam perut, sembelit juga dipengaruhi oleh pola makan dan kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh jika kurang minum.

Biasakanlah minuman kira-kira dua liter sehari dan memakan makanan yang banyak mengandung serat seperti sayur-sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan. Pada orang yang sering sembelit, mungkin saja terjadi ambeien atau wasir, begitu juga pada wanita hamil.

Perlu diketahui bahwa pada wanita hamil, selain sembelit, penekanan rahim yang membesar juga menyebabkan terbendungnya pada sejumlah pembuluh vena (pembuluh darah balik) di sekitar vagina dan anus, sehingga dapat timbul varises atau wasir.

Ambeien atau wasir dapat diobati tanpa perlu dioperasi. Operasi mungkin saja dilakukan pada ibu hamil. Namun tindakan ini hanya akan diambil jika pengobatan dengan obat gagal.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more