Memantau Denyut Jantung Janin

 

Memantau frekuensi denyut jantung janin, bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Namun tidak bisa dilakukan hanya dengan mengusap perut, perlu alat stetoskop Laeneck atau Doppler yang dijual di toko alat kesehatan.

Alat monitor Doppler aman digunakan di rumah. Hal tersebut sesuai dengan anjuran Food an Drug Administration (FDA) Amerika Serikat yang menyatakan bahwa alat ini sudah digunakan lebih dari 30 tahun di rumah sakit maupun di rumah. Namun jika masih khawatir menggunakannya karena efek terpaan gelombang suara dari Doppler ke janin, konsultasikan alat dan merek Doppler yang Anda beli ke dokter kandungan.

Cara memakai alat Doppler, tempelkan ke kandungan sambil didengarkan. Denyut janin normal adalah 110-160 denyut per menit. Jika kurang dari 100 atau di atas 180 denyut per menit, harus segera ditelusuri penyebabnya sekaligus solusinya. Misalnya, jika disebabkan adanya kontraksi, dokter akan berusaja menghilangkan kontraksi tersebut dengan obat-obatan. (me)

Baca juga:
Detak jantung janin
Cermati Degup Jantung Ibu Hamil
Menangani Jantung Bayi Berlubang

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more