Mengapa Kehamilan Mencetus Diabetes?

 

Diabetes atau kencing manis adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi atau melebihi batas normal. Penyebabnya, kekurangan insulin dalam darah atau karena tubuh tidak efisien mengolah insulin. 

Kondisi lain adalah jumlah insulin cukup, namun sel tubuh tidak dapat mengolah dengan baik, disebut resistensi insulin atau diabetes tipe II. Diabetes juga bisa menyerang kehamilan atau disebut diabetes gestasional, apa penyebabnya?
  • Saat hamil terjadi perubahan metabolisme endokrin dan karbohidrat untuk persiapan nutrisi janin dan menyusui. Karenanya, tubuh ibu butuh hormon insulin ekstra.
  • Saat hamil terjadi perlambatan penyerapan makanan, akibatnya gula darah meningkat lama, juga perlu hormon insulin.
  • Di akhir kehamilan, kebutuhan insulin meningkat 3 kali normal, disebut :tekanan diabetagenik” dalam kehamilan. Artinya, kehamilan merupakan kondisi dimana terjadi resistensi insulin alamiah sehingga tubuh “tidak tahan” glukosa. Ini akibat plasenta memproduksi hormone anti-insulin; human placental lactogen, kortisol, dan glukogon. Ibu hamil yang tidak dapat meningkatkan produksi insulin akan terkena diabetes kehamilan.
Baca:
Diabetes Ancam Keselamatan Ibu dan Janin
Kenali Diabetes Gestasional Pada Kehamilan
Risiko Diabetes Pada Kehamilan




 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more