Mengukur Lingkar Kepala Janin

 

Lingkar kepala janin atau dalam istilah medisnya Head Circumferesial (HC) selain dapat digunakan untuk mengetahui usia kehamilan pada trimester ke dua dan tiga, juga dapat dijadikan alat pendeteksi adanya kelainan otak bawaan.

Mengukur lingkar kepala janin
dapat dilakukan pada usia kehamilan di atas 12 minggu.
  • Saat usia janin 13 minggu, lingkar kepala janin berada pada angka 84 mm.
  • Pada usia kehamilan 20-22 minggu lingkar kepala janin berada di angka 175-198 mm.
  • Pada trimester ke tiga, di usia kehamilan 30-32 minggu, lingkar kepala bayi yang normal berkisar antara 280-296 mm.
Jika ukuran tidak normal, saat dilakukan deteksi lewat USG, maka muncul dugaan bahwa janin mengalami kelainan otak bawaan. Ukuran lingkar kepala janin yang lebih besar mengindikasikan janin mengalami Hidrosefalus atau penimbunan cairan otak serebrospinal yang berlebihan di dalam otak. Sebaliknya jika ukuran lingkar kepala janin lebih kecil daripada ukuran normal maka kemungkinan janin mengalami Mikrosefalus atau kelainan otak yang terjadi akibat kegagalan pertumbuhan otak pada kecepatan yang normal.

Deteksi sejak dini! Jika kelainan pada otak janin terdeteksi sejak dini, maka dapat dilakukan eugenic abortion yaitu tindakan pengguguran yang dilakukan terhadap janin yang memiliki cacat bawaan. Namun jika baru terdeteksi pada trimester ke tiga kehamilan, maka janin terpaksa harus dilahirkan. Janin yang terdeteksi mengalami Mikrosefalus seringkali bisa bertahan hidup namun cenderung mengalami keterbelakangan mental, gangguan koordinasi otot dan kejang. Sedangkan janin yang terdeteksi Hidrosefalus dan bertahan hidup akan mengalami kelainan intelektual, fisik serta saraf. (me)

Baca juga:
Ukuran Kepala Bayi
Bentuk Kepala Bayi
Kepala Bayi Baru Lahir

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more