Minuman Berkhasiat Bagi Ibu Hamil

 

Minum 8 gelas air sehari sangat disarankan untuk ibu hamil. Agar metabolisme tubuh lancar, mencegah dehidrasi dan kehamilan menjadi sehat. Beberapa minuman memiliki khasiat spesifik bagi ibu hamil.
  • Teh hijau. Kandungan mineralnya (kromium, selenium, mangaan, zat besi, seng) bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan dalam kehamilan. Aturan minum: 1-2 cangkir per hari, sebab teh hijau juga mengandung theophylline dan theobromine yang berefek sama dengan kafein.
  • Jahe hangat. Jahe mengandung minyak atsiri dan gingerol yang berkhasiat menekan reflek muntah. Minyak atsiri berefek menyegarkan, gingerol melancarkan peredaran darah sehingga syaraf-syaraf bekerja dengan baik, kepala lebih segar, mual muntah pun ditekan.  Aturan minum: 1 cangkir sehari -bila perlu.
  • Es Kelapa Muda. Air kelapa muda tanpa gula mengandung berbagai zat bermanfaat bagi ibu hamil yang membantu melancarkan air seni dan membersihkan saluran kemih sehingga mencegah infeksi saluran kemih. Air kelapa muda juga berfungsi sebagai elektrolit alami saat rehidrasi. Aturan minum: boleh minum setiap hari tapi tanpa gula.
  • Susu ibu hamil. Dibuat dengan komposisi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan spesifik ibu hamil. Kandungan kalori, protein, lemak, vitamin dan mineralnya membantu memenuhi kebutuhan nutrisi, di samping mengonsumsi makanan bergizi. Aturan minum: 2 gelas sehari, dapat diminum pada jadwal makan snack.
  • Jus buah segar. Lebih kaya serat, apalagi yang tidak disaring. Baik untuk membantu pencernaan ibu hamil. Aturan minum: 1-2 gelas sehari. (me)
Baca juga:
Tip Agar Air Minum Aman
Air Putih Untuk Ibu Hamil


 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more