Pendarahan Hebat, Kehamilan Perlu Dipertahankan?

 

Tanya: Dok, saat ini saya sedang hamil anak kedua dengan umur kandungan 6 minggu. Beberapa hari lalu saya melakukan test kehamilan dan hasilnya adalah positif. Tapi keesokan harinya saya mengalami pendarahan yang cukup hebat. Darah yang keluar berbentuk padat seperti hati sapi yang direbus tapi dalam keadaan hancur. Mulai hari itu 3 hari kemudian saya merasa sangat lemas. Setelah saya pergi ke klinik di kantor, ternyata tekanan darah saya 100/70. Lalu dokter di klinik memberikan surat rujukan agar saya pergi ke dokter kandungan. Setelah saya di USG, yang membuat saya, suami berikut dokternya pun bingung adalah, janin itu masih melekat di rahim saya dengan posisi di tempat yang benar, umur 6 minggu dan panjang 1,8 cm.

Dokter hanya bisa memberi saran, ibu kembali 2 minggu lagi, lalu kita USG lagi. Kalau janin itu berkembang, berarti dia hidup dan sehat. Tapi kalau dalam waktu 2 minggu tidak ada perubahan, berarti kita angkat janin itu. Nah, yang jadi pertanyaan saya dan suami adalah: 1. Amankah kehamilan ini untuk di pertahankan? 2. Apabila bayi ini lahir kelak, sehatkah dia? 3. Jenis keguguran apakah yang saya alami? 4. Akankah berdampak buruk kepada janin saya? Terima kasih

Jawab: Benar apa yang dikatakan oleh dokter kandungan ibu. Kehamilan ibu diobservasi sampai dengan 2 minggu lagi. Jika kehamilan ibu berkembang dan sehat pada observasi 2 minggu lagi, kehamilan ibu aman untuk dipertahankan. Dan insyaalllah bayi ibu akan lahir sehat nantinya. asalkan ibu rajin kontrol dan menjaga kehamilan ibu dengan baik. Jenis keguguran yang ibu alami adalah keguguran yang mengancam dalam istilah kedokteran abortus imminens. JIka kehamilan itu diobati dan dijaga, insyallah semua akan baik.
 
dr Fakriantini Jayaputri,SpOG (RS Zahira, Jakarta Selatan)
 

 



Artikel Rekomendasi