Penyebab Hamil Di Luar Kandungan

 

Hamil di luar kandungan atau yang dikenal dengan hamil ektopik adalah gangguan kehamilan akibat zigot tidak membenamkan diri di rahim melainkan di dinding saluran telur. Sehingga janin tidak berkembang dengan baik.  Ini penyebab diantaranya:
  • Ibu pernah menjalani operasi di saluran telur sehingga terjadi parut di saluran telur. Parut membuat saluran menjadi sempit, menghambat perjalanan zigot.
  • Ibu pernah mengalami radang di rongga panggul. Radang bisa terjadi bila tubuh kemasukan kuman, salah satunya dikenal dengan istilah ascending infection, yaitu kuman dari vagina naik ke rahim. Adanya radang si saluran telur bisa meninggalkan parut di dinding saluran telur jadi sempit.
  • Pemakaian antibiotika untuk mengobati penyakit kelamin tertentu, sering membuat gerak rambut getar dan otot (gerak peritaltik) di sepanjang saluran telur terganggu. Padahal, gerak peristaltic itulah yang mendorong zigot ke rahim. Jika gerak peristaltic terganggu, perjalanan zigot ke rahim tidak lancar atau akhirnya tertanam di saluran telur.
  • Ada tumor yang menekan dinding saluran telur. Akibatnya, terjadi penyempitan pada saluran tersebut.(me)

 



Artikel Rekomendasi

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more