Prakonsepsi: Ada Kista, Tapi Ingin Hamil Lagi

 

Tanya: Ketika hamil anak pertama, hasil USG pada usia 4 minggu ditemukan kista sekitar 2-3 cm di luar rahim. Dokterkandungan saya menyarankan di usia kehamilan 4 bulan agar di operasi untuk pengangkatan kista agar tidak mengganggu proses pertumbuhan janin. Tetapi setelah 4 bulan saya lewati, tidak ada masalah apapun.

Akhirnya saya memutuskan tidak dioperasi. Kemudian pada proses kelahiran secara caesar ternyata kista tersebut masih ada, bahkan membesar sampai 6 - 7 cm. Saat ini usia anak saya sudah 1 tahun. Bolehkah saya untuk program hamil lagi?

Jawab: Sayangnya ibu tidak menginformasikan, apakah kista tersebut diangkat juga atau tidak waktu ibu operasi caesar dan alasan apa ibu melahirkan secara caesar. Untuk itu saya sarankan ibu menunda kehamilan ibu sampai dengan usia anak 2 tahun agar rahim ibu benar-benar siap untuk punya anak lagi dan jika semua dalam kondisi normal siapa tahu ibu bisa melahirkan secara normal.

dr Fakriantini Jayaputri,SpOG (RS Zahira, Jakarta Selatan)

 



Artikel Rekomendasi

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more