Proses Periksa Dalam Kehamilan

 

Saat periksa dalam, sebaiknya dalam kondisi santai, otot-otot tubuh akan relaks, yakni mengendur, lunak, dan lentur. Begitu ada yang kurang beres di jalan lahir, entah itu infeksi atau benjolan, akan teraba dengan mudah. Selain itu, ketidak beresan di daerah rahim bisa pula segera terasa.

Ada tiga langkah dalam proses periksa dalam:
  1. Inspeksi. Pengamatan dan perabaan dengan jari, organ reproduksi bagian luar seperti minoram klitoris dan sekitarnya, untuk melihat apakah ada kelainan.
  2. Inspekulo. Pemeriksaan menggunakan spekulum, alat yang mirip paruh bebek, untuk menilai dinding vagina, leher rahim dan sekitarnya. Spekulum akan membuka vagina sehingga mulut rahim dan dinding vagina bisa dilihat dokter untuk mengetahui apakah ibu sedang hamil muda atau tidak.
  3. Vaginal touch. Perabaan dengan jari, bagian dalam untuk menilai rahim, saluran telur/tuba dan indung telur, juga keadaan kehamilan, yaitu bagian terbawah janin, pembukaan leher rahim, turunnya bagian terendah janin, kemajuan persalinan/membendingkan dengan pemeriksaan sebelumnya, serta prakiraan kapasitas panggul/ukuran panggul.
Sampai seberapa dalam? Tergantung panjang vagina. Umumnya, sekitar 8-11 cm. ketika dokter memasukkan dua jari ke dalam vagina, tangan yang lain menekan secara perlahan perut bagian atas.

Berapa kali dilakukan periksa dalam selama kehamilan?
  • Pertama, pada saat Anda datang pertama kali ke dokter kandungan karena merasa sedah hamil.
  • Kedua, ketika usia kehamilan mamasuki minggu ke-36. Pada saat ini bisa dinilai kapasitas panggul Anda serta turunnya kepala atau bagian tubuh janin ke dalam rongga panggul.
  • Ketiga, diulang kembali ketika persalinan tiba, untuk menilai pembukaan mulut rahim, serta sekali lagi akan dipantau turunnya janin dalam rongga panggul.
  •  
Apakah bisa menyebabkan keguguran? Tentu tidak. Bisa dianalogikan, pemeriksaan dalam sama dengan aktivitas berhubungan seks. Kegiatan tersebut tidak menyebabkan Anda mengalami keguguran, bukan?
 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more