Risiko Bell’s Palsy Pada Kehamilan

 

Bell’s Palsy berpotensi tiga kali lipat diderita oleh ibu hamil. Penyakit yang menyerang saraf wajah nomor 7 (Carnial Nerve VII) ini, bisa menyebabkan kelumpuhan wajah di salah satu sisi, kiri atau kanan. Gejalanya mirip stroke.

Biasanya terjadi pada kehamilan trimester tiga atau menjelang masa persalinan, karena adanya peningkatan cairan pada ibu hamil yang menyebabkan pembengkakan pada saraf wajah yang mengarah pada saraf ke-7. Cegah dengan mengurangi konsumsi garam berlebihan serta jangan lupa minum air dan cukup istirahat.

Pengobatan dengan obat antiviral dan steroid, tapi tidak disarankan untuk ibu hamil. Ibu hamil cukup melakukan pijatan sendiri dengan handuk hangat pada area wajah, sering menutup dan membuka mata serta mengernyitkan alis, serta sering tersenyum dan tertawa. (me)

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more