Skoliosis Pada Kehamilan

 

Normalnya, kurva lengkung tulang belakang kita, dari leher dan tulang ekor, jika dihubungkan dapat ditarik dalam sebuah garis lurus. Namun karena sesuatu hal, dapat terjadi perubahan kelengkungan tulang belakang, yang salah satunya disebut skoliosis.

          Skoliosis adalah kelaianan tulang belakang bengkok atau melengkung ke kiri atau ke kanan dan ada sendi yang berputar. Sebagian besar (90%) ganguan ini tidak diketahui penyebabnya. Ada dugaan diturunkan, tapi belum jelas penurunannya. Untuk mengecek skoliosis, lihat dari tulang belakang punggung. Susunan tulang belakang yang normal akan membentuk garis lurus dari leher sampai ke tulang ekor. Sementara, pada penderita skoliosis, akan tampak adanya lengkungan ke samping. Selain bentuknya menyimpang, punggungnya juga tidak sama tinggi atau ada tonjolan, ini karena tulang belakang merupakan tempat melekatnya iga, sehingga bila tulangnya terputar, iga juga akan ikut berputar, sehingga tulang belikat akan terlihat menonjol pada satu sisi. Namun untuk memastikannya perlu pemeriksaan dokter.

          Berat ringannya skoliosis tergantung besar kecilnya derajat lengkungan. Skoliosis ringan (lengkungan di bawah 20 derajat), sedang (lengkung antara 20-40 derajat), berat (lengkung di atas 40 derajat), sangat berat (lengkungannya sekitar ratusan derajat).

Pada Kehamilan

Skoliosis atau derajat kelengkungan tulang belakang ibu hamil, mempengaruhi nyaman tidaknya kehamilan. Ibu hamil dengan skoliosis ringan atau sedang biasanya tidak akan merasa terganggu, keluhan nyeri punggung mungkin saja timbul, namun hal ini juga bisa dialami ibu hamil tanpa skoliosis.

Ibu hamil dengan skoliosis berat atau sangat berat terganggu, antara lain sulit menjaga keseimbangan postur tubuhnya yang miring, timbul nyeri punggung, dan sulit bernapas karena terhambatnya pergerakan rusuk dan terjadi pengurangan kapasitas paru-paru. Itu sebabnya, penderita skoliosis berat dan sangat berat dianjurkan menjalani operasi sebelum merencanakan hamil.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more