Superfood Tumpuan Nutrisi Ibu Hamil

 

Selama kehamilan, Anda harus benar-benar mempertanggungjawabkan apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh. Karena apapun yang Anda konsumsi, janin Anda pun akan ikut mencicipi
 
Itu sebabnya, Anda harus memperhatikan dengan baik setiap suap makanan dan setiap teguk minuman Anda. Karena, melalui makanan dan minuman yang Anda pilih itulah, janin memperoleh semua zat nutrisi yang ia butuhkan

Nah, agar proses tumbuh-kembangnya optimal, superfoods bisa menjadi salah satu pilihan Anda.

Apa sih, superfoods itu? Istilah superfoods, diperkenalkan pertama kali oleh seorang dokter dari Scripps Memorial Hospital di La Jolla, California, dan University of California di San Diego, Amerika Serikat, Steven G. Pratt, M.D., FACS di dalam bukunya Superfoods RX: Fourteen Foods That Will Change Your Life”. Di dalam bukunya tersebut, terdapat sederet daftar sumber bahan makanan nabati yang dianjurkan. Nah, menu yang dibuat dari kombinasi bahan-bahan makanan itulah yang dikenal sebagai superfoods.

Superfoods dipercaya dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit. Tak heran bila kemudian muncul panduan menu superfoods bagi ibu hamil yang ditulis Dr. Jane Horti, seorang dokter spesialis gizi anak dari London, Inggris. Panduan itu sebetulnya ditulis untuk membantu para ibu hamil yang bingung dalam memilih menu yang sehat dan aman selama masa kehamilannya. Jadi, panduan menu superfoods merupakan alternatif sumber zat nutrisi yang berasal dari bahan makanan alami, terutama nabati.

Mengurangi keluhan. Manfaat mengonsumsi menu superfoods bagi kesehatan sudah banyak diteliti. Namun, bagaimana pengaruh superfoods ini terhadap keluhan yang muncul selama masa kehamilan?

Superfoods selama masa kehamilan dapat menghindarkan ibu hamil dari keluhan yang biasa muncul, misalnya morning sickness dan anemia. Munculnya keluhan ini, antara lain bisa disebabkan oleh zat-zat nutrisi yang dibutuhkan janin tidak terpenuhi dengan baik. Sehingga, janin akan mengambilnya dari cadangan di dalam tubuh ibu hamil.

Tentang menu bagi ibu hamil, menu yang dikonsumsi oleh ibu hamil, harus mengandung semua zat nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang janinnya secara lengkap. Yakni, mengandung karbohidrat, protein, lemak, sayuran, serta vitamin dan mineral.

Lantas, apakah benar bila seluruh kebutuhan gizi selama hamil terpenuhi dengan baik, maka munculnya keluhan-keluhan kehamilan, seperti anemia, mudah kelelahan, kram, serta morning sickness dapat dicegah?

Selama masa kehamilan, kebutuhan energi meningkat sebesar 300 kalori, protein antara 15 hingga 17 gram, asam folat 200 mikrogram, kalsium 150 miligram, dan yodium 50 miligram. Jadi, superfoods dapat ditambahkan dalam menu yang yang biasa dikonsumsi saat tidak sedang hamil. Nah, dengan mengonsumsi makanan sesuai kebutuhan tubuh ibu hamil dan janinnya, maka pembentukan energi, sel darah merah dan jaringan, baru dapat berjalan optimal. Khusus untuk keluhan morning sickness, pencegahannya tidak mutlak hanya dari pemenuhan kebutuhan gizi, tetapi melibatkan banyak faktor lainnya, seperti perubahan hormonal

Pentingnya konsultasi. Jika Anda tertarik untuk mencoba superfoods, tak ada salahnya berkonsultasi lebih dulu dengan dokter ahli gizi. Jadi, Anda mengetahui dengan jelas berapa kebutuhan masing-masing jenis zat nutrisi selama masa kehamilan ini.

 



Artikel Rekomendasi