Tanya Jawab: Kulit Lebih Gelap

 

T: Saya sedang hamil 7 bulan. Akhir-akhir ini saya melihat perubahan warna kulit di seputar payudara, warnanya jadi agak kehitaman. Juga leher tampak kehitaman seperti daki yang tidak bisa dibersihkan. Mungkinkah perubahan warna itu menetap?

J: Salah satu dari beberapa pengaruh hormon progesteron, adalah perubahan warna kulit di daerah wajah, leher, seputar payudara, perut, juga pinggang. Kulit akan lebih gelap karena hiperpigmentasi. Pada wajah, akan timbul bercak-bercak kecokelatan (kloasma gravidarum). Di seputar puting payudara juga akan menjadi lebih gelap, kadang-kadang tampak pembuluh darah yang melebar, sedang pada daerah perut, paha atau pinggang biasanya muncul guratan-guratan berwarna ungu atau kecokelatan (striae gravidarum).

Pada umumnya, perubahan pada kulit, terutama pada wajah dan payudara, akan menghilang setelah Anda melahirkan. Guratan pada kulit perut, paha atau pinggang, kadang-kadang masih tertinggal dan berubah menjadi putih (striae albicans).

Berbagai krim kulit atau minyak seperti baby oil dapat mengurangi guratan-guratan tersebut, tetapi tidak dapat menghilangkannya sama sekali.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more