Tanya-Jawab Kehamilan: Mual, Morning Sickness, Mengidam

 

Tanya: Kehamilan saya memasuki bulan kedua, saya mengalami gejala mual-mual dan muntah. Sampai kapankah gejala ini akan berakhir? Apakah ini yang dinamakan dengan morning sickness, padahal saya juga mengalaminya di malam hari? Saya tidak mengidam, apakah kehamilan saya akan normal?

Jawab: Gejala mual (dalam bahasa Inggris disebut nausea) dan muntah biasanya berlangsung sejak usia kehamilan 6 minggu dan akan berakhir hingga 12 - 13 minggu. Biasanya gejala ini akan berkurang dan pada akhirnya menghilang di akhir trimester satu.
Morning sickness adalah sebutan untuk gejala mual dan muntah juga karena biasanya sebagian besar calon ibu mengalaminya di pagi hari tetapi sebagian lagi mengalaminya sepanjang hari atau di malam hari seperti Anda.
Mengidam adalah kecenderungan ibu hamil untuk hanya makan atau minum satu jenis bahan makanan atau minuman tertentu saja. Tidak ada bukti klinis yang menemukan kaitan antara mengidam dengan kondisi kesehatan janin. Biasanya ini berkaitan dengan kecemasan dan kekhawatiran calon ibu dalam menghadapi peran barunya.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more