Terapi Tepat untuk Hidrosefalus Kongenital

 

Hidrosefalus Kongenital adalah penyumbatan pada saluran irigasi otak sehingga menyebabkan penumpukan cairan serebro spinal di ventrikel serebral dan ruang subdural. Penumpukan cairan tersebut menimbulkan desakan pada saraf dan tekanan pada pertumbuhan otak, sehingga terjadi penurunan kualitas otak. Secara kasat mata, kepala janin pun menjadi besar.

Terapi sejak janin…
1. Diawali dengan pemeriksaan USG. Kecenderungan janin mengalami hidrosefalus ditandai dengan adanya pembesaran kepala yang abnormal dan progresif atau lebih cepat dari seharusnya.  Untuk menegakkan diagnosa hidrosefalus, beberapa jenis pemeriksaan pada otak dapat dilakukan, misalnya MRI dan Citi Scan.

2. Hidrosephalus diatasi dengan tindakan pengeluaran cairan untuk segera dibuang secara kontinyu, lewat rongga rahim ibu. Caranya, cairan disedot dengan memasukan alat melalui otak janin yang disuntikkan lewat perut ibu, atau dengan pemasangan selang pada otak janin. Hal ini akan memberikan peluang bagi otak untuk bisa tumbuh.

3. Saat bayi baru lahir, upaya pembuangan cairan otak berlebihan, bila perlu, akan dilanjutkan dengan pembuatan kanal  dengan pemasangan santing atau shunt pada kepala.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more