Teruskan Menyusui Bayi diatas 6 Bulan

 

Anda sebaiknya masih tetap memberikan ASI meskipun masa ASI eksklusif usai, saat usia bayi Anda diatas 6 bulan. Keuntungannya banyak bagi tumbuh kembang bayi.

Jangan percaya mitos kandungan nutrisi ASI sudah jauh berkurang setelah 6 bulan dan bayi tak butuh ASI lagi. Memang betul, mulai usia 6 bulan, bayi sudah perlu mengkonsumsi Makanan Pendamping-ASI (MP-ASI), Karena mereka harus mulai belajar bagaimana makan. Selain itu, mulai usia 6 bulan ASI hanya akan memenuhi kebutuhan gizi bayi sebanyak ± 70% dan sisanya harus Anda penuhi dengan memberi bayi makanan yang lengkap nutrisi.

Gizi ASI paling lengkap. ASI tetap memberikan nutrisi yang lengkap. Ia mengandung protein, lemak, vitamin, zat antibodi, zat anti alergi dan zat penting lain yang dibutuhkan bayi. ASI juga membantu perkembangan otak, alat pencernaan dan organ-organ lainnya. Jadi banyak keuntungan yang Anda dapatkan dengan terus menyusui anak.

Berikut kiat sukses menyusui setelah 6 bulan:
  • Tetap makan dalam menu gizi seimbang agar ASI tetap lancar.
  • ASI dapat digunakan sebagai pencampur bubur susu atau biskuit.
  • Anak Anda tidak usah ditambah susu formula. Nutrisi dari ASI dan MP-ASI sudah cukup.
  • Selalu berpikir positif dan yakin bahwa Anda tetap bisa menyusui dan ASI keluar dengan lancar.
Baca:
Dengan ASI, Bayi Kebal Infeksi
ASI Cegah Anak dari Perilaku Sulit
Bayi ASI “Kebal” Sakit

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more