Tunda Mesoterapi saat Hamil

 

Wanita manapun pasti ingin tampil cantik, termasuk saat hamil. Salah satu cara adalah mesoterapi yakni teknik penyuntikan untuk mengurangi timbunan lemak. Bolehkah mesoterapi saat hamil?

Mesoterapi adalah istilah umum tentang teknik penyuntikan untuk memasukan obat atau bahan lain ke lapisan mesodermis untuk mengatasi berbagai masalah. Mesoterapi dilakukan untuk berbagai tujuan, mesoterapi dibadan atau tubuh terutama mengurangi selulit dan mengurangi timbunan lemak. Sedangkan diwajah terutama untuk peremajaan kulit dan mengurangi tonjolan lemak di bawah mata.

Untuk tujuan apapun, selama kehamilan sebaiknya hanya menggunakan obat yang memang mutlak perlu. Maka, sebaiknya mesoterapi ditunda dahulu hingga masa kehamilan dan menyusui selesai. Selama hamil, jangan melakukan perawatan yang melibatkan suntikan (kecuali memang secara medis diperlukan), karena apapun yang disuntikan dapat masuk ke peredaran darah dan ke janin,

Walaupun saat ini juga terdapat metode mesoterapi tanpa jarum, namun tetap saja obat-obatan yang digunakan tujuannya sama, dan obat-obatan tersebut tetap diserap tubuh. Terlebih obat yang digunakan pada mesoterapi belum diketahui keamannya untuk janin yang dikandung.

 



Artikel Rekomendasi