Twin to Twin Transfusion Syndrome

 

Pada kehamilan kembar, salah satu kelainan pada janin yang musti cepat ditangani adalah Twin to Twin Transfusion Syndrome (TTTS) atau kondisi adanya perbedaan nutrisi yang signifikan antara janin satu dengan janin lainnya, akibat ketidakseimbangan asupan nutrisi karena asupan nutrisi janin satu “dicuri” janin kembarannya.

Terapi sejak janin…
1. Kondisi ini dapat diketahui lewat pemeriksaan USG pada trimester kedua,  ditandai dengan ukuran salah satu janin lebih besar dengan cairan ketuban jauh lebih banyak, dibanding janin lainnya.

2. Terapi janin yang dilakukan adalah amniotomi atau tindakan membuka selaput amnion dengan merobek, dan memberi jalan pada air ketuban yang banyak kepada air ketuban yang sedikit. Selain itu adapula teknologi laser fetoscopic atau meneropong janin kemudian melasernya, yang memungkinkan kasus TTTS diatasi dengan lebih canggih. Hanya saja, alat untuk terapi jenis ini belum tersedia di Indonesia.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more