Vaksin Influenza

 

Manfaat: Mencegah serangan influenza pada ibu hamil. Ini karena, ibu hamil yang terjangkit influenza akan mengalami gejala lebih parah. Influenza ringan saja mengakibatkan demam, sakit kepala hebat, kaku otot, tenggorokan sakit dan batuk. Influenza pada ibu hamil juga baru sembuh dalam 1-2 minggu, sedangkan pada ibu yang tidak hamil pad ahari ke-4. Ungtungnya, virus ini tidak membahayaan janin.

Kandungan vaksin: Sedikitnya dari 3 strain (jenis) virus yang sudah dimatikan terlebih dahulu, sehingga aman untuk hamil.

Kapan diberikan? Sebenarnya tidak biasa diberikan kepada ibu hamil. Tapi untuk tindakan pencegahan, boleh saja. Di negara barat, biasanya diberikan saat musim flu yaitu bulan Oktober hingga Mei. Berdasarkan iklim di Indonesia, vaksinasi influenza dapat diberikan sepanjang tahun. Namun berikan saat usia kandungan memasuki trimester kedua atau ketiga. Cara terbaik jika Anda terkena influenza adalah istirahat, banyak minum cairan, dan menghubungi dokter jika gejalanya tidak reda.

Efek samping:
Kemerahan dan bengkak di bekas suntikan.
 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more